Rabu , Mei 18 2022
Home / Advetorial / Jadi Wadah Pembinaan Karakter Generasi Muda, Kwarcab Gerakan Pramuka Mamuju Tengah Launching Program Pencapaian Pramuka Garuda

Jadi Wadah Pembinaan Karakter Generasi Muda, Kwarcab Gerakan Pramuka Mamuju Tengah Launching Program Pencapaian Pramuka Garuda

Mateng, 8enam.com.-Menjadi wadah pembinaan karakter generasi muda, Kwarcab Gerakan Pramuka Mamuju Tengah Launching Program Pencapaian Pramuka Garuda Kwartir Cabang Mamuju Tengah dan Penyematan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD), Rabu (12/1/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna Amalia yang dihadiri oleh Sekdakab Mateng, H. Askary Anwar, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Mamuju Tengah, H. Arsal Aras.

Ketua Kwarcab Pramuka Mateng, H. Arsal Aras dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada kakak-kakak yang dianugerahi lencana Pancawarsa. Hal ini sebagai bentuk penghormatan kami atas dedikasi dan pengabdian yang tanpa batas sehingga Gerakan Pramuka masih jadi wadah pembinaan karakter bagi generasi muda,

Kwartir cabang Gerakan Pramuka Mamuju Tengah kata Arsal, sampai sekarang masih terus berbenah, maka dari itu dukungan dari semua pihak baik dari unsur pembina, kamabigus, pimpinan satuan karya dan majelis pembimbing cabang sangat diharapkan.

“Penganugrahan pancawarsa ini kami harapkan menjadi pemantik semangat kakak-kakak sekalian, agar dapat lebih mengembangkan kemampuan sehingga kualitas pembinaan hingga ke gugusdepan semakin meningkat,” kata Arsal.

Kata Arsal, kedepan Kwartir Cabang Mamuju Tengah akan terus berupaya agar gerakan Pramuka semakin membumi di Kabupaten Mamuju Tengah.

“Impian kami semakin banyak yang memakai seragam coklat muda dan coklat tua yang di lehernya berkalung merah putih, itulah mengapa program pertama kami di tahun 2002 ini adalah program pencapaian Pramuka Garuda, yang di mana setiap gugus depan mengirimkan kader-kader terbaiknya untuk memenuhi persyaratan Pramuka Garuda,” ujar Arsal.

“Gugusdepan maupun di Satuan Karya dengan Pembina dan Pamong Saka yang tangguh, akan melahirkan Pramuka-Pramuka yang tangguh pula disertai dengan dukungan dari majelis pembimbing cabang, kami yakin gerakan Pramuka di Mamuju Tengah akan semakin bergiat,” sambungnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh H. Askary Anwar, dia menyampaikan ucapan selamat kepada kakak-kakak yang baru saja mendapat penghargaan Lencana Pancawarsa.

Lanjutnya, Misi gerakan pramuka ini mengedepankan pendidikan watak, kepribadian, dan budi pekerti luhur serta memberikan pembekalan kecakapan hidup agar menjadi kader pembangunan yang handal di masa depan.

“Bagi generasi muda, pembentukan karakter bangsa amat penting dan menentukan nasib bangsa di masa depan, hanya bangsa yang memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif, dan bekerja keraslah yang dapat mendorong kemajuan dan keberhasilan,” sebut Askary.

Kata Askary, hari ini dan masa depan memerlukan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh komponen bangsa gerakan Pramuka hendaknya menjadi pelopor membudayakan diri, senang bekerja keras secara cerdas dan ikhlas, bangun nilai, sikap dan perilaku ini sejak dini melalui beragam kegiatan gerakan senang bekerja keras secara cerdas dan ikhlas bangun nilai-nilai sikap dan perilaku ini sejak dini melalui beragam kegiatan gerakan Pramuka.

“Tantangan negeri kita pasca krisis adalah bagaimana membangun kembali negeri ini, kaum muda haruslah menjadi agen dan pelopor perubahan, negeri ini akan menjadi maju dan sejahtera apabila pembangunan dapat terlaksana dengan baik, kenalkan dan libatkan kaum muda dalam kegiatan yang mengarah dan menjadi bagian dalam pembangunan nasional melalui karya-karya yang nyata,” ujar Askary.

Pendidikan dan Pelatihan kepramukaan kata Askary, harus melahirkan generasi muda bangsa yang memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, didiklah Pemuda sedini mungkin untuk tidak membeda-bedakan identitas, seperti agama, etnis, suku kedaerahan dengan tujuan yang negatif. Watak nasionalisme akan tercermin dalam perilaku yang senantiasa lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dibandingkan kepentingan diri dan golongan.

“Maka dari itu atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah, sangat berharap kepada kakak-kakak yang baru saja menerima penghargaan pancawarsa agar kiranya selalu berupaya untuk mengembangkan diri, guna membina anak-anak kita agar kelak menjadi generasi yang dapat menjadi kebanggaan Mamuju Tengah,” pungkasnya. (A-51)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.