Rabu , Agustus 5 2020
Home / Daerah / Dinas Pendidikan Mateng Gelar Workshop Penyediaan Item Soal Hots dan Lost Bagi Guru SD

Dinas Pendidikan Mateng Gelar Workshop Penyediaan Item Soal Hots dan Lost Bagi Guru SD

Tabolang, 8enam.com.-Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) gelar Workshop Penyediaan Item Soal Hots dan Lots bagi Guru Sekolah Dasar.

Workshop yang berlangsung di Aula Cahaya Batu-Batu, Kecamatan Topoyo, Rabu (18/3/2020) dihadiri Kepala Bidang Pembinaan SD Marhudin, Kasi Kurikulum Bidang Pembinaan SD, Heriansyah, Widyaswara LPMP Sulbar, Sarjono dan di ikuti 60 Peserta dari 5 Kecamatan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mateng, H. Busdir Menyampaikan, tujuan digelarnya workshop Penyediaan Item Soal Hots dan Lots ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bagi guru dalam pembuatan soal ujian sekolah tingkat sekolah dasar yang tidak lama lagi akan dilaksanakan.

lanjut Busdir dalam sambutannya, dengan adanya peraturan yang berbeda dari tahun sebelumnya “Merdeka Belajar” Sekolah mampu merdeka dalam menentukan kelulusan peserta didik, termasuk merdeka dalam membuat soal ujian sesuai dasar hukum yang ada.

“Seperti diketahui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mencanangkan “Merdeka Belajar” lewat surat edaran Nomor 1 Tahun 2020, yang di tujukan kepada Gubernur dan Bupati di seluruh Indonesia, dijelaskan kelulusan peserta didik ditentukan melalui ujian sekolah yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan berdasarkan penilaian hasil belajar yang dilakukan guru, artinya guru dan sekolah lebih merdeka dalam menilai hasil belajar siswa. Ujian untuk menilai kompetensi siswa dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis, dan atau bentuk penilaian lain yang lebih komprehensif, seperti fortofolio dan penugasan seperti tugas kelompok, karya tulis, dan lain sebagainya,” terang Busdir.

Melalui kesempatan itu, Busdir Berharap kiranya semua peserta dapat memanfaatkan kegiatan dengan sebaik mungkin, Sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

“Maksimalkan kegiatannya mengingat semua guru yang hadir hari ini adalah guru spesialis dari setiap kecamatan, Semoga hasilnya bisa bagus nanti,” pinta Busdir. (anto/one)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *