Senin , Mei 17 2021
Home / Daerah / Budayakan Gotong Royong Untuk Menjaga Keindahan Dan Kebersihan Lingkungan

Budayakan Gotong Royong Untuk Menjaga Keindahan Dan Kebersihan Lingkungan

Mateng, 8enam.com.-Salah satu cara menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan yang saat ini mulai terkikis oleh perkembamgan zaman yakni dengan membudayakan gotong royong, yang merupakan salah sati ciri khas bangsa indonesia.

Gotong royaong atau biasa di kenal kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga, guna membantu tercapainya kenyamanan lingkungan dengan melakukan pembangunan atau kebersihan yang bermanfaat bagi lingkunga.

Budaya gotong royong ini masih sering dilakukan oleh warga Dusun Karondang, Desa Babana, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng). Masyarakat berbaur dari yang muda dan tua bersama-sama kerja bakti membersihkan jalan poros Babana-Polohu, Jum’at (30/3/2018).

Kepala Dusun Karondang, Kardi menuturkan, Kerja bakti dilaksanakan setiap hari Jum’at ini merupakan agenda kegiatan rutin warga Dusun Karondang, dimana setiap hari Jum’at warga selalu melakukan kerja bakti terutama pembersihan jalan, yang sering dikeluhkan masyarakat dan pengguna kendaraan yang melintas.

“Karna tinggi sekali rumpatnya dipinggir jalan dan banyak juga pohon kayu yang sudah sejajar dengan jalan, jadi kami pangkas sehingga mobil yang lewat sudah dapat melihat kendaraan lain yang melintas dijalan,” tutur Kardi.

Kardi katakan, kalau lingkungan bersih warga pasti merasa nyaman begitu juga pengendara motor atau mobil yang melintas di jalur ini. Bisa dilihat betapa enaknya mata memandang, karna sudah bersih, sebelumnya kalau masyarakat memandangi ini jalan ini kurang bagus dilihat, karna masih banyak pepohonan dan rumput di pinggir jalan tinggi-tinggi.

“Kami juga ingin mengajak masyarakat khususnya Dusun Karondang agar setiap rumah dipasangi lampu dibagian terasnya, tujuannya agar dimalam hari terlihat terang,” ucapnya.

Kardi berharap, dengan kegiatan ini masyarakat akan berperilaku hidup bersih dan sehat serta ramah lingkungan, sehinga perlu dilakukan sebuah gerakan pembangunan kesadaran secara menyeluruh disemua tingkatan masyarakat, untuk merawat lingkungan yang berada di Dusun Karondang, sehingga kedepan lingkungan akan terus terjaga kebersihannya.

“Kegiatan ini kami lakukan tanpa rasa terpaksa, karena rasa ikhlas akan membuat suatu kenyamanan dalam bekerja, dan yang tak kalah penting adalah bukanlah bagaimana wujud kerja bakti itu namun lebih utama pada nilai-nilai yang terkandung didalamnya,” pungkasnya. (Ach/Ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *