Rabu , Februari 8 2023
Home / Daerah / Tokoh Adat Suku Kaili Inde’ Sebut, Peran Dan Kehadiran PT Astra Telah Mampu Tingkatkan kesejahteraan Masyarakat Pedalaman

Tokoh Adat Suku Kaili Inde’ Sebut, Peran Dan Kehadiran PT Astra Telah Mampu Tingkatkan kesejahteraan Masyarakat Pedalaman

Mamuju Utara, 8enam.com.-Peran dan kehadiran PT Astra Agro Lestari (AAL) telah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedalaman. Hal itu di ungkapkan Tokoh Adat Suku Kaili Inde’ di Desa Ngovi, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang akrab di panggil Om Panggo, saat ditemui di kediamannya, Selasa (11/7/2017).

Menurutnya, kehadiran PT AAL di Desanya, Masyarakat Desa bisa merasakan dan menikmati jalan di buka oleh Perusahaan.

“Dengan hadirnya PT AAL, kami Masyarakat pedalaman telah dapat menikmati jalan penghubung baik antara Desa, Kabupaten maupun Provinsi dan kami telah merasakan manfaatnya,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa, Desa Ngovi yang berbatasan langsung dengan KabupatenMamuju Utara (Matra), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sudah sangat mudah mendapatkan akses jalan sejak dibukanya jalan oleh PT AAL, sehingga waktu yang biasanya ditempuh selama sehari, sudah mampu ditempuh dalam waktu yang sangat singkat.

Om Panggo menambahkan, selain jalan yang telah di buka oleh PT AAL, Masyarakat sekitar juga telah menikmati hasilnya dimana telah mampu meningkatkan taraf hidup Masyarakat Pedalaman baik yang ada di sekitar Kabupaten Donggala Provinsi Sulteng maupun sebahagian yang berada di Kabupaten Matra Provinsi Sulbar.

“PT AAL telah membantu kami meningkatkan taraf hidup kami, dimana yang dulunya kami tidak memiliki apa-apa, saat ini saya dan beberapa Masyarakat telah mampu membeli kendaraan Roda Dua (Motor ref). Malahan ada yang mampu membeli Mobil dan menyekolahkan anak cucunya hingga ke Pendidikan yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Saat ditanya harapannya terhadap Masyarakat sekitar, Tokoh Adat ini (Om Panggo red) menyampaikan kepads Masyarakat yang berniat berkebun, agar Masyarakat tersebut berusaha dan berkebun dengan bersungguh-sungguh sehingga dapat memetik hasilnya kedepannya.

“Di Desa Ngovi ini masih banyak lahan yang belum dimanfaatkan, bila ada Masyarakat yang ingin berkebun, saya akan menuntunnya agar dapat berkebun dengan sungguh-sungguh dan meminta agar pihak Perusahaan dapat membinya, sehingga hasil dari keringatnya dapat dinikmatinya kedepan,” terangnya kembali.

Om Panggo berharap, agar PT AAL dapat terus beroperasi demi mempertahankan Kesejahteraan dan dapat terus menerus meningkatkan taraf hidup Masyarakat sekitarnya. (Edison S).

 

Check Also

Nasmuddin : Terimakasih Pemkab Mamuju

Mamuju, 8enam.com.-Pemerintah Desa Balabalakang sampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju, atas bantuan yang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *