Rabu , April 24 2024
Home / Daerah / Pasca Bentrok Dua Kelompok Warga di Mateng, Ketua Kerukunan Makassar Pasangkayu Sampaikan Pesan Ini

Pasca Bentrok Dua Kelompok Warga di Mateng, Ketua Kerukunan Makassar Pasangkayu Sampaikan Pesan Ini

Pasangkayu, 8enam.com.-Pasca kejadian bentrok dua kelompok warga yang terjadi di Dusun Padang Kalua, Desa Lembahada, Kecamatan Budong-budong, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), pada Sabtu (14/1/23) kemarin, Ketua Kerukunan Keluarga Makassar Abbulo Sibatang, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, Suaimin Rahim Karaeng Sitaba meminta warga Makassar se Sulbar agar menahan diri dan tidak terpancing provokasi.

Suamin Rahim Karaeng Sitaba melalui video yang berdurasi 1 menit 50 detik menghimbau agar warga tidak terprovokasi oleh adanya kejadian tersebut. Apalagi provokasi yang berujung pada konflik Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).

“Atas adanya peristiwa yang terjadi di Kabupaten Mamuju Tengah, maka dengan ini saya mengimbau sekaligus mengajak dari hati bening yang paling dalam kepada seluruh warga Makassar, bahkan seluruh warga dan keluarga yang ada di Kabupaten Pasangkayu, Mamuju Tengah, Mamuju dan Sulawesi Barat secara umum untuk bersama-sama menahan diri dan tidak terprovokasi oleh isu-isu miring, apalagi hal-hal yang dapat mengantarkan kita kepada konflik SARA secara horisontal,” ucap Suamin Rahim dalam video tersebut yang diterima awak media ini, Minggu (15/01/2023).

Lelaki yang akrab disapa Dg Adam ini berharap kepada seluruh warga Makassar agar tetap menjaga kerukunan, kekeluargaan, kedamaian pasca kejadian itu. Apalagi, saat ini aparat kepolisian sedang melakukan proses hukum pasca kejadian itu.

Menurutnya, hal ini sangat penting, sebab pada proses yang sedang berlangsung sekarang, Polda Sulawesi Barat, Polres Mamuju Tengah dan Polres Pasangkayu telah melakukan upaya-upaya penanganan dan terbukti sangat efektif.

“Kita dapat melihat keseriusan aparat menangani kasus ini, olehnya saya meminta kepada seluruh keluarga Makassar tetap menahan diri dan menjadi bagian dari mencari solusi dari masalah tersebut,” harapnya.

Laporan : E Syam

Check Also

Yuslifar Optimis Koalisi Pengusung Sutinah di Pilkada 2020 Masih Solid Memberikan Dukungan di Pilkada 2024

Mamuju, 8enam.com.-Direktur Perspektif Mamuju, Yuslifar Yunus Djafar, optimis koalisi pengusung Sutinah Suhardi di Pilkada 2020, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *