Kamis , Juli 29 2021
Home / Daerah / Kapan Pilkades Akan Digelar..? Begini Penjelasan Kadis PMD Mamuju Tengah

Kapan Pilkades Akan Digelar..? Begini Penjelasan Kadis PMD Mamuju Tengah

Mateng, 8enam.com.-Jika tidak ada halangan, gelaran Pilkades di Kabupaten Mamuju Tengah akan digelar tahun 2021 ini. Ada sekitar 40 desa yang akan melaksanakan Pilkades.

Ditemui disalah satu warkop yang ada di Mamuju Tengah, Jum’at (19/2/2021), Kepala Dinas PMD Kabupaten Mamuju Tengah, Dzulkifli Ramli mengatakan, Pilkades harus dilaksanakan tahun ini, karena pelaksanaan Pilkades dalam rentang waktu 6 tahun itu dilaksanakan 2 kali secara bergelombang.

“Sebenarnya kalau dilaksanakan tahun depan, bisa. Tapi bagaimana dengan agenda-agenda lain, terus banyaknya desakan masyarakat untuk segera melaksanakan Pilkades dan banyaknya Plt Kepala Desa,” kata Dzulkifli.

“Sampai saat ini ada 40 desa yang akan menggelar Pilkades. Kenapa karena pada tahun 2017 ada 16 desa yang melaksanakan Pilkades, seharusnya 16 desa itu tidak ikut Pilkades, nah kenapa ada kita ikutkan Pilkades tahun ini, karena Kades Salule’bo meninggal kemudian Kades Babana diberhentikan dan dijabat oleh Plt. Itulah kenapa kami ikutkan dalam Pilkades tahun ini,” tambahnya.

Soal syarat lanjutnya, ini masih di bahas. Karena dalam Perda tahun 2017 lalu itu syarat pendidikan minimal SMA. Sementara di Permendagri itu minimal SMP sementara usia itu dalam Permendagri dikatakan minimal bukan maksimal. Dua syarat inilah yang oleh Pemkab meminta kepada DPRD untuk dikembalikan syarat itu berdasarkan Permendagri.

“Nah kalau persoalan apakah kami siap melaksanakan tahapan Pilkades,
Edaran Mendagri itu sudah tidak ada, berarti sudah bisa kemudian soal anggaran Pilkades sudah di ACC oleh tim TAPD. Tinggal yang menjadi kendala adalah revisi Perda Pilkades dengan mengembalikan dua syarat dikembalikan dan menyesuaikan dengan regulasi yang baru. Maksudnya kalau ada aturan baru harus disesuaikan, saat ini draf Perda itu sudah saya serahkan ke DPR dan menunggu kapan dibahas dan di plenokan,” ujarnya. (amr)

Advetorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *