Minggu , Desember 6 2020
Home / Daerah / Itwasum Polri Gelar Wasrik Administrasi Tahap II Kepada Seluruh Polres Jajaran Polda Sulbar

Itwasum Polri Gelar Wasrik Administrasi Tahap II Kepada Seluruh Polres Jajaran Polda Sulbar

Mmamuju, 8enam.com.-Inspektorat Pengawasan Umum (ITWASUM) Polri menggelar Pengawasan dan Pemeriksaan (WASRIK) administrasi tahap II, kepada seluruh Polres jajaran Polda Sulbar di Polresta Mamuju, Jum’at (24/7/2020).

Itwasum bertugas membantu Kapolri dalam menyelenggarakan pengawasan internal, pemeriksaan umum, perbendaharaan dan akuntabilitas serta pemeriksaan dengan tujuan tertentu, penelahaan ulang (review) laporan keuangan Polri, serta memfasilitasi lembaga pengawasan eksternal dalam lingkungan Polri

Polresta Mamuju didaulat sebagai tuan rumah pada kegiatan dimasksud, turut bergabung lima polres lainnya yakini Polres Polman, Polres Majene, Polres Mamasa, Polres Mamuju Tengah, dan Polres Pasangkayu.

Rombongan Pemeriksa dari Itwasum Polri dipimpin oleh Brigjen Pol Didit Prabowo Sulistyono Selaku Pengawas tim, Kombespol Moffan Moedjadi Kawanti, Selaku ketua tim, dan tiga anggota yakni Kombespol Bayu, Drs. H. Abdul Aziz Jamaluddin, Kombespol Zainul Muttaqiem, Kombespol Gunawan Eko Susilo, serta Konsultan pendamping dari BPKP RI Robertus Sihombing.

Tim pemeriksan secara selektif dan obejektif melakukan pemeriksaan kepada seluruh polres jajaran se Polda Sulbar, seluruh pengemban fungsi administrasi pada masing masing Satuan fungsi dan satuan kerja, memberikan penjelasan seakurat mungkin kepada tim, yang didukung dokumen dan penyajian data yang diminta oleh tim Wasrik.

Adapun beberapa item pemeriksaan yang mendasar, diantaranya Rencana strategis, Petunjuk Operasional kerja, kertas kerja, rencana kegiatan, resncana pendistribusian anggaran, rencana penarikan anggaran, Laporan SIMAK BMN, dan laporan penyerapan anggaran BS.01 semester 2 tahun 2019 dan tahun 2020.

Itwasum juga melanjutkan pemeriksaannya terhadap Dokumen administrasi pengadaan barang dan jasa semester 2 tahun 2019 dan tahun 2020, laporan penerimaan materi barang milik negara semester 2 tahun 2019 dan tahun 2020, laporan penggunaan material PNBP tahun 2020 dan laporan pertanggungjawaban BMP tahun anggaran 2020

Tak luput kegiatan internal seperti Laporan qwiqwins/Program Polri VII semester 2 tahun 2019 dan semester 1 tahun 2020, Laporan Bulanan SIWAS semester 2 tahun 2019 dan semester 1 tahun 2020, serta dokumen kontrak pengadaan barang dan jasa, juga wajib dilakukan pemeriksaan.

Pemriksaan ini dilaksanakan setiap semester bertujuan guna meningkatkan tata kelola administrasi internal, demi terwujudnya Polri yang professional, modern, dan terpercaya ungkap ketua tim pemeriksaan bidang Opsnal , kegiatan wasrik ini dilakukan bertahap untuk meningkatkan kinerja Polres dan jajaran dipolda sulbar

“Terkait jika didapatkan temuan, maka akan dijadikan bahan periksa, serta akan segera di evaluasi, demi peningkatan penyajian data, peningkatan mutu pelayanan serta tertib administrasi ditubuh polri,” tutur ketua tim Kombespol Moffan Moedjadi Kawanti.

Humas Polresta Mamuju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *