Sabtu , Juli 11 2020
Home / Advetorial / Tinjau PLTS Di Pulau Karampuang, Watimpres Berharap Bantuan Ini Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Tinjau PLTS Di Pulau Karampuang, Watimpres Berharap Bantuan Ini Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Mamuju, 8enam.com.-Didampingi Asisten Bidang Ketataprajaan Pemprov Sulbar, Muh. Natsir dan Kepala Dinas ESDM Sulbar, Amri Eka Sakti, Watimpres RI, Agung Laksono meninjauan Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS) Pulau Karampuang di Dusun Gunung Gembira Kabupaten Mamuju, Minggu (8/3/2020) kemarin.

“Saya berharap dengan adanya bantuan hibah dan investasi swasta berupa pembangkit listrik tenaga surya di Karampuang ini, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Karampuang, terutama kegiatan ekonomi kerakyatan dan tentang kulinernya, sehingga dapat sinkron dengan para nelayan yang secara otomatis dapat meningkatkan kapasitas para nelayan dalam mencari ikan segar. Begitupun sarana tempat penyimpanan ikan yang memadai agar hasil tangkapan tetap terjaga kesegarannya dan tidak cepat rusak atau busuk,” kata Agung Laksono.

Dengan adanya PLTS ini kata Agung Laksono, kedepan dapat lebih memaksimalkan kemajuan perekonomian masyarakat sekitar, dimana Pulau Karampuang tersebut memiliki potensi yang sangat besar bagi Sulawesi Barat.

“Mohon sekiranya masyarakat sekitar dapat menjaga kebersihan, tidak saja bagi warga masyarakat Karampuang, tetapi juga untuk warga Mamuju khususnya, laut ini milik bersama yang harus dijaga karena nilai jual kita harus kita jaga dan rawat dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, Pulau Karampuang dinilai dapat menjadi basis unggulan bagi kehidupan masyarakat Mamuju dimasa mendatang, hal tersebut dapat dilihat dari Sumber Daya Alamnya seperti letak geografisnya yang unik, disusul beraneka macam jenis ikan serta dapat mengembangkan wisata bahari bawah laut.

“Tadi ada saran yang disampaikan, kiranya para nelayan tidak menggunakan bom ikan dibawah laut, cukup memakai alat-alat tangkap yang formal yang layak dipergunakan sehingga kelestarian alam tetap terjaga hingga anak dan cucu kita kedepan,” tandas Agung Laksono.

Asisten Bidang Ketataprajaan Pemprov Sulbar, Muh. Natsir menyampaikan, Pulau Karampuang merupakan prioritas utama disamping bidang kelistrikan yang diperuntukkan bagi kemajuan destinasi wisata Sulbar kedepan, dimana menurut Natsir kedua hal tersebut dapat menjadi faktor utama dalam peningkatan ekonomi masyarakat Karampuang yang telah menjadi kesepakatan bersama dalam perkembangan pariwisata Sulbar yang malaqbiq.

“Pemprov Sulbar akan terus mendorong kemajuan PLTS Karampuang dan itu sudah dibahas pada Rekortek di Surabaya oleh Kepala Dinas ESDM dan pihak Kementerian,” beber Natsir. (farid)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *