Minggu , Juni 20 2021
Home / Uncategorized / Tegas..!! Budi Chandra : “Organisasi JOIN Adalah Prganisasi Profesional. Bukan Penyebar Berita Hoax”

Tegas..!! Budi Chandra : “Organisasi JOIN Adalah Prganisasi Profesional. Bukan Penyebar Berita Hoax”

Makassar, 8enam.com.-Hadir di Kongres I Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Keua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) JOIN, Budi Chandra tegaskan, JOIN bukan organisasi penyebar berita hoax, namun merupakan organisasi professional yang mengedepankan etika jurnalis.

Konggres 1 JOIN yang di gelar di Makassar, dihadiri Ketua Umum DPP JOIN, Budi Chandra, 18 DPW dan 22 DPD se Indonesia, Sabtu (21/10/2017).

Hal tersebut disampaikan dihadapan para peserta kongres sebagai tanggapan tudingan bahwa, media online sbagai media penyebar berita hoax. Budi Chandra juga mengucapkan rasa syukur bahwa media yang bergabung dalam JOIN bisa bekerja dengan baik.

“Kita harus bersyukur, sebab berita yang di publikasikan media online yang bergabung dalam naungan JOIN menjadi referensi, anggota JOIN bukan pembuat berita hoax seperti tudingan beberapa oknum yang tidak bertanggujwab,” jelasnya kepada tim join

Budi menyebut, JOIN hadir untuk menjawab tantangan akan perkembangan teknologi industri media yang semakin berkembang, seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi (IT) saat ini.

“Media online akan menjadi media terdepan. Beritanya bisa dibaca dimana saja di seluruh dunia. Karena itu media online harus hadir menyajikan berita yang aktual, akurat , cepat dan dapat dipercaya serta dapat dipertanggungjawabkan dalam penyebaran informasi ke masyarakat,” jelas Budi.

Budi tak menyangkal, masih ada media online yang menyajikan berita-berita yang tidak sesuai fakta dan tanpa konfirmasi.

“Inilah yang akan kami bahas dalam Kongres nanti. Termasuk dalam menangkal berita hoax,” papar Budi.

Terkait adanya oknum yang menganggap media online merupakan media penyebar Hoax, Menurut Budi, tugas kita bersama-sama untuk menangkalnya.

“Termasuk bagaimana meningkatkan sumber daya kalangan jurnalis dengan uji kompetensi dan membantu media-media yang belum berbadan hukum.  Kami akan membantu agar persyaratan untuk menjadi sebuah media profesional dapat terpenuhi,” kata Budi.

Menurutnya, untuk mewujudkan JOIN sejajar dengan organisasi wartawan yang lebih dulu hadir di Indoensia, ada tiga hal yang akan dilakukan yakni perencanaan, pelaksaan dan pasca pelaksanaan.

“Yang sulit itu pasca pembentukan. Bagaimana kita menjaga dan merawat. Bagaimana bisa maju dan dapat dipercaya oleh masyarakat dan pemerintah,” jelas Budi.

Sumber : Tim join Info sulsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *