Selasa , Juli 23 2024
Home / Daerah / Reses Di Mamuju Tengah, Arwan Aras Bertemu Dengan Dinsos Dan Pengurus Karang Taruna Kabupaten

Reses Di Mamuju Tengah, Arwan Aras Bertemu Dengan Dinsos Dan Pengurus Karang Taruna Kabupaten

Mateng, 8enam.com.-Pasca dilantik menjadi anggota DPR RI perwakilan Provinsi Sulbar, H. Arwan M Aras Tammauni gencar melakukan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat khususnya masyarakat Sulbar untuk diperjuangkan di senayan.

Reses yang di gelar di Kabupaten Mamuju Tengah, Selasa (10/3/2020), Arwan Aras bertemu dengan jajaran Dinas Sosial (Dinsos) dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Mateng.

Dihadapan Anggota DPR RI, Ketua Karang Taruna Kabupaten Mateng memperkenalkan satu persatu pengurus karang taruna Kabupaten Mateng.

“Meskipun pengurus Karang Taruna Kabupaten Mateng baru dilantik, kami langsung action. Dan alhamdulillah Karang Taruna sudah punya usaha warkop, kami juga mengembangkan usaha jamur tiram, peternakan burung kicau dan saat ini kami juga mulai usaha pertukangan,” tutur Dzulkifli.

Sementara Kepala Dinas Mateng, Hj. Asmira Djamal menyampaikan, masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, dan Karang Taruna adalah salah satu komponen tersebut.

“Kita ketahui bahwa Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial, oleh dari dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda diwilayahnya masing-masing,” ujar Hj. Asmira.

Dengan dilantiknya pengurus Karang Taruna Kabupaten Mateng, Asmira mengajak semua pengurus Karang Taruna untuk berkolaborasi dengan pendamping Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT).

“SLRT ini adalah sistem layanan yang membantu untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan berdasarkan profil dalam Daftar Penerima Manfaat. Dan menghubungkan mereka dengan program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah,” tutur Asmira.

“Semoga dengan reses ini, beberapa program yang kami usulkan bisa terealisasi dengan kehadiran senator muda dari Senayan H. Arwan Aras, Anggota DPR RI,” kata Asmira seraya menyerahkan langsung program skala prioritas Dinsos Mamuju Tengah terkait kesenjangan Sosial di Kabupaten Mateng.

Dalam kesempatan tersebut, H. Arwan Aras menuturkan, pasca pengurus Karang Taruna Kabupaten Mateng dilantik, pihaknya langsung mengagendakan untuk berbetemu. Kenapa? Karena Karang Taruna itu adalah mitra kerja komisi VIII DPR RI yaitu Kementerian Sosial.

“Saya di Komisi VIII bermitra dengan Kementerian Agama, Sosial, Badan Penanggulangan Bencana, Baznas, Badan Wakaf Indonesia dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dibawahnya itu masih banyak, kalau di Dinas Sosial salah satunya Karang Taruna,” beber Arwan.

Arwan mengatakan, setelah mendengar pemaparan dari Ketua Karang Taruna Kabupaten Mateng, ini sudah sangat luar biasa sekali karena selesai dilantik langsung action.

Dia juga meminta agar pengurus Karang Taruna lebih dekat lagi ke masyarakat, karena untuk menjangkau sesuatu masyarakat itu kadang sangat sulit, sehingga dengan hadirnya Karang Taruna maka bisa membantu masyarakat.

Soal bantuan lanjut Arwan, Insya Allah program yang diusulkan Dinas Sosial akan ditindak lanjuti. Namun demikian semua harus berdasarkan dengan data. Kalau tidak ada data maka jangan harap bantuan itu akan turun.

“Jadi jangan sampai Karang Taruna itu dianggap sebagai organisasi seremonial saja, olehnya itu, dengan dilantiknya pengurus Karang Taruna, maka saya berharap bisa membantu pemerintah daerah dalam hal pengumpulan data khususnya untuk bantuan dari pusat,” terang Arwan. (SN/wan)

Check Also

Polres Mateng Amankan 35 Unit Kendaraan Roda Dua

Mateng, 8enam.com.-Sat Lantas Polres Mamuju Tengah berhasil mengamankan 35 unit kendaraan roda dua dalam Operasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *