Minggu , Januari 16 2022
Home / Daerah / Dana Desa Harus Lahirkan Inovasi Yang Bisa Menghasilkan Potensi Pendapatan Desa

Dana Desa Harus Lahirkan Inovasi Yang Bisa Menghasilkan Potensi Pendapatan Desa

Mateng, 8enam.com.-Pemanfaatan dana desa harus mampu melahirkan inovasi yang dapat menjadi ladang penghasilan bagi desa. Hal itu dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Tengah, H. Arsal Aras pada kegiatan Musrenbang Kecamatan Topoyo, Selasa (10/3/2020).

Arsal sampaikan, desa itu punya dana transfer dari pusat, untuk itu harus membangi Kewenagan mana yang dikerja kabupaten dan mana yang harus dikerja Desa.

“Nah yang harus kita rubah adalah belanja-belanja yang menjadi kebiasaan kita, misalnya tahun ini kita belanja jalan tani, tahun depan jalan tani lagi tahun berikutnya jalan tani lagi, jadi tidak ada sesuatu yang kelihatan didesa sementara anggaran yang diberikan itu besar,” kata Arsal.

Dalam menganggarkan lanjut Arsal, Desa itu harus didampingi oleh pendamping desa, kemudian di asistensi oleh teman-teman yang ada di kabupaten. Olehnya itu dia berharap kegiatan pemberdayaan itu ada.

“Saat ini kita dituntut untuk membuat suatu terobosan dan inovasi didesa yang bisa mendapatkan potensi pendapatan, inilah yang harus kita lakukan, seperti di dua desa di Kecamatan Topoyo yang punya potensi unggul terkait dengan pariwisata sepertinya ini mati suri, artinya apa tidak ada sesuatu yang kelihatan ditempat tersebut,” ungkap Arsal.

Dia juga berharap, pemerintah mempunyai master plan terkait dengan pariwisata, mana yang mampu dibiayai oleh Desa, Kabupaten dan Pusat, itu harus bagi sehingga mendapatkan porsi masing-masing maka pembangunannya tidak tumpang tindih,

“Salah satu tolak ukur kinerja bukan diukur seberapa mampunya menghabiskan uang untuk belanja, tetapi yang menjadi tolak ukurnya adalah seberapa besar kita mampu untuk mendapatkan pendapatan atau penghasilan,” pungkasnya. (SN/one)

Rubrik Ini Dipersembahkan Oleh Humas DPRD Kabupaten Mamuju Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *