Minggu , September 20 2020
Home / Daerah / Rekomendasi PAN Di Pilkada Mamuju Memang Hanya Untuk Tina-Ado

Rekomendasi PAN Di Pilkada Mamuju Memang Hanya Untuk Tina-Ado

 

Jakarta, 8enam.com.-Kisruh kemana kepada siapa rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Pemilukada Mamuju kini terjawab.

Bakal Calon Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi yang secara langsung menerima SK dari Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan jadi pembuktian, jika partai berlambang matahari itu memang hanya untuk duet Tina-Ado di Pemilukada Kabupaten Mamuju 9 Desember 2020.

Selain menerima SK pencalonan dari Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan, di kesempatan yang sama, SK pembatalan pencalonan pasangan Habsi Wahid-Irwan SP Pababari juga diserahkan.

Ketua DPD PAN Mamuju, Masramjaya pun memberikan penjelasan. Masram mengungkapkan, penyerahan SK tersebut merupakan bentuk konsistensi PAN dalam mendukung Tina-Ado. Seperti dengan apa yang dikehendaki oleh seluruh pengurus, kader dan simpatisan PAN di Kabupaten Mamuju.

“Apa yang terjadi hari ini adalah bentuk dari keinginan kader di daerah. Karena memang sejak awal keinginan kader PAN di Mamuju ingin bersama dengan Sutinah-Ado. Hari ini apa yang menjadi keingianan, bukan hanya keinginan saya, tetapi seluruh kader PAN di Mamuju akhirnya terwujud dengan terbitnya SK pembatalan. Sesungguhnya SK pembatalan itu sudah terbit sejak tanggal 30 Juli yang lalu. Termasuk kemudian penerbitan SK untuk Sutinah-Ado yang hari ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum,” beber Masramjaya yang saat dihubungi sedang bersama Sutinah Suhardi di Jakarta, Kamis (13/08/2020).

Tak ada kata yang pantas terucap dari Sutinah Suhardi selain ungkapan kesyukuran. Sutinah menilai, momentum penyerahan SK pembatalan dan SK pencalonan untuk dirinya bersama Ado Mas’ud itu jadi penegasan bahwa, mesin politik yang ada di garasi PAN Mamuju bakal bekerja full bagi pencalonannya.

“Yah Alhamdulillah. Kami memang yang sejak awal membangun komunikasi dengan DPD, DPW hingga DPP. Ternyata memang PAN konsisten. Karena memang teman-teman PAN sejak awal bersama dengan kita dan dibuktikan dengan penerbitan SK pembatalan termasuk dengan penyerahan SK baru untuk kita. Yah itulah bentuk konsistensi PAN. Alhamdulillah pokoknya,” ucap Sutinah penuh kegembiraan.

Beberapa waktu terakhir, SK PAN untuk Pemilukada Mamuju memang cukup menyedot perhatian publik. Kubu Sutinah yang awalnya mengantongi surat tugas dari PAN sempat dibikin frtustasi lantaran SK pencalonan dari partai peraih tiga kursi di DPRD Mamuju itu justru diserahkan ke pasangan incumbent; Habsi-Irwan.

Itu jelas bertolak belakang dengan apa yang disepakati di rapat pleno tingkat DPD, DPW hingga Rakor dengan tim Pemilukada Nasional di DPP PAN yang secara tegas bersepakat untuk mengusung Sutinah. Merasa tak sejalan dengan keputusan itu, sejumlah pengurus, kader dan simpatisan PAN bahkan sampai ‘nekat’ menghadiri deklarasi Tina-Ado yang digelar secara virtual belum lama ini.

“Yah itu urusan pusat (rekomendasi PAN ke Habsi-Irwan). Kita di Kabupaten tetap mendukung Ibu Sutinah. Itu merupakan rekomendasi resmi dari tim penjaringan dan diperkuat dengan hasil Rapat di DPP. Dan sebenarnya itu sudah diputuskan di pusat. Masalah SK yang ke petahana, kami juga tidak tahu bagaimana prosesnya. Tapi yang pasti pengurus dan kader PAN di level Kabupaten sampai di tingkat ranting itu mendukung pencalonan Ibu Sutinah-Ado,” ungkap Lalu Syamsul Rijal, Wakil Ketua DPD PAN Mamuju saat ditemui usai menghadiri deklarasi Tina-Ado baru-baru ini. (Naf/edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *