Senin , Juli 13 2020
Home / Daerah / Ratusan Rumah Ibadah Di Kabupaten Mamasa Terima Dana Hibah Dari Pemprov Sulbar

Ratusan Rumah Ibadah Di Kabupaten Mamasa Terima Dana Hibah Dari Pemprov Sulbar

Mamasa, 8enam.com.-Ratusan rumah ibadah di Kabupaten Mamasa terima dana hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar).

Dana hibah tersebut dari APBD 2019 untuk pembangunan rumah ibadah se-Kabupaten Mamasa senilai Rp 3.524.000.000.

Penyerahan dana hibah itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar kepada Bupati Mamasa, Ramlan Badawi di halaman Mesjid Raya Mambi, Rabu (6/11/2019).

Ali Baal mengatakan, dana senilai Rp 3.524.000.000 tersebut akan diberikan kepada 39 mesjid, 127 gereja dan 34 kegiatan keagamaan. Terkhusus untuk Mesjid Raya Mambi mendapatkan dana hibah sebesar Rp 1 milliar.

“Kita sepakat mau tuntaskan ini mesjid (Mesjid Raya Mambi-red) yang membutuhkan dana kurang lebih Rp 2 milliar, tahun ini saya baru bisa kasih kan Rp 1 milliar dan Inshaa Allah tahun depan Rp 1 Milliar lagi,” kata Ali Baal.

Ali Baal juga mengharapkan bantuan tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya. Utamanya dalam melengkapi sarana di setiap rumah ibadah. Dia pun berpesan agar masyarakat terus menjalin hubungan kerjasama yang harmonis serta menjaga kerukunan umat beragama.

“Dana itu juga saya harap dapat disisihkan untuk perewatan masjid agar jamaah semangat beribadah karena tempat ibadahnya bersih. Kasih juga insentif untuk imam, guru gengaji, khatib, bilal dan ta’mir mesjid,” harap Ali Baal.

Sementara itu, Bupati Mamasa Ramlan Badawi menuturkan bantuan Hibah senilai Rp 3,5 miliar khusus rumah ibadah se-Kabupaten Mamasa ini merupakan upaya pendekatan kepada masyarakat.

“Yang harus ditingkatkan adalah keimanan umat. Apalagi daerah ini pernah dilanda konflik, sehingga diperlukan pendekatan pendekatan kepada masyarakat. Dasar itulah untuk bisa menyatukan umat,” tutur Ramlan.

Menurut Ramlan, tidak ada pembangunan berhasil tanpa menguatkan keimanan masyarakatnya. Jadi ia menginginkan bantuan dana hibah ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dengan bantuan itu diharapkan dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya,” tutup Ramlan. (Ra/edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *