Kamis , Juli 16 2020
Home / Uncategorized / Program Pamsimas Tak Selesai, Kemana Anggarannya?

Program Pamsimas Tak Selesai, Kemana Anggarannya?

Foto : ist/net

Bolmong, 8enam.com.-Progmam Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Konarom, Kecamatan Dumoga Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow yang diprogramkan pada tahun 2017 yang seharusnya selesai tahun 2018, namun hingga tahun 2019 belum rampung.

Tidak rampungnya program Pamsimas tersebut kini dipertanyakan masyarakat, apa penyebab dan apa kendalanya, kemana anggarannya?

Koordinator Pamsimas Ilham Mokoagow menuturkan, bahwa anggaran untuk pengadaan pipa tidak sampai di tangan panitia.

“Memang benar bahwa Pamsimas sampai pada tahun 2019 tidak selasai, karena angaran untuk pengadaan pipa tidak sampai kepada panitia, angaran sebesar Rp 33.000.000.00 sudah cair tapi masuk di rekening desa, tidak sampai pada kami,” ujar Ilham beberapa waktu lalu.

Senada dengan itu, Sekertaris Pamsimas, Cindra Mamonto mengungkapkan bahwa anggaran dari APBDes tidak tersalurkan dan tidak sesuai perencanaan.

“Angaran yang bersumber dari APBDes tidak tersalurkan dan dana yang dikeluarkan tidak mencukupi dengan apa yang direncanakan. Seharusnya Pamsimas sudah harus selesai pada tahun 2018 akhir,” ungkapnya.

Dia menambahkan, terkait dengan isu adanya beberapa oknum masyarakat yang mengambil pipa untuk kepentingan pribadi, itu benar dan ada oknum tertentu yang memberikan izin, sehingga tidak ada pemberitahuan sama sekali sama panitia pelaksana, dan pihaknya akan memberikan sanksi berupa menindaklanjuti dan melaporkan.

“Masih begitu banyak yang belum ada, seperti saluran rumah, sambungan rumah, dan pipa belum tertanam semua, namun laporan pertanggungjawaban (LPJ) dan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) sudah ditandatangani, yang mana sudah selesai tapi kenyataannya belum selesai,” tutupnya. (Rafi Alfarisi.M/2M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *