Sabtu , Juni 19 2021
Home / Daerah / Polres Mateng Gelar Rakor OPS Ketupat Siamasei 2021

Polres Mateng Gelar Rakor OPS Ketupat Siamasei 2021

Mateng, 8enam.com.-Bertempat di Command Center Mamuju Tengah, Polres Mateng mennggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektor Ops Ketupat Siamasei 2021 bersama Pemkab Mateng dan Forkompimda, Kamis (29/4/2021).

Rakor lintas sektor tersebut dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1442 H guna mencegah dan memutus matarantai penyebaran wabah Covid-19 dan mendukung kebijakan pemerintah terkait pelarangan mudik.

Kapolresta Mamuju Tengah, AKBP Muhammad Zakiy mengatakan, Rakor lintas sektoral digelar untuk menindaklanjuti himbauan aturan yang melarang kegiatan mudik pada saat menjelang lebaran idul fitri.

“Penyekatan dilakukan di wilayah perbatasan¬† dengan pemeriksaan surat kesehatan. Setiap pengendara ataupun orang yang mencoba melintas harus dilengkapi surat kesehatan dan akan dilakukan rapid test atau swab antigen di lokasi. Apabila ada masyarakat positif bagaimana pelaksanaannya kita akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, apakah ada upaya karantina secara terpusat atau secara mandiri,” ujar Kapolres.

Lanjutnya, TNI/Polri tidak mungkin akan bisa mengerjakan sendiri tanpa kerja sama Pemda Setempat dan Stakeholder. Sehingga dibutuhkan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat terkait dengan akan adanya larangan-larangan yang harus kita laksanakan.

“Saat ini kita mengikuti aturan yang ada bahwa tidak ada kegiatan mudik menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Mamuju Tengah, H. Aras Tammauni mengatakan, pelarangan Mudik itu sudah menjadi Instruksi Presiden, untuk itu apa yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, Ke Provinsi kemudian Ke Kabupaten itu juga yang akan kita laksanakan di kabupaten, kita tidak boleh buat aturan sendiri Karna aturan ini langsung dari pusat.

“Dengan adanya keputusan Pemerintah Pusat untuk pelarangan mudik, bukan untuk siapa-siapa ini demi untuk keselamatan atau demi kesehatan masyarakat kita khususnya di Mamuju Tengah,” pungkasnya. (Iis/amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *