Selasa , Mei 26 2020
Home / Daerah / Polda Sulbar Akan Luncurkan Aplikasi “Menilang.com”

Polda Sulbar Akan Luncurkan Aplikasi “Menilang.com”

Mamuju, 8enam.com.-Untuk meningkatkan kesadaran berlalulintas bagi pengguna jalan, Polda Sulbar rencananya akan luncurkan aplikasi “Menilang.com”.

“Kita buat Aplikasinya, ini ide saya di mana masyarakat menilang orang yang melakukan pelanggaran. Setelah aplikasi itu jadi akan di daftarkan siapa saja yang bisa ikut di aplikasi tersebut yang penting namanya jelas, emailnya jelas, nomor handphonenya jelas sehingga kita benar-benar bisa menilang,” ucap Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Eko Budi Sampurno saat menggelar Coffe Morning bersama puluhan awak media di kantin Ditlantas Polda Sulbar Mamuju, Jum’at (6/3/2020).

Dengan menilang.com itu kata Kapolda. masyarakat yang melihat pelanggaran di Foto terus bisa diupload di masing-masing media. Jadi langsung disebarkan di media, dengan begitu secara sendiri masyarakat sadar karena di awasi sama teman sendiri ini.

“Dengan begitu akan membuat kesadaran masyarakat timbul darinya. Jadi saya di awasi sama teman-teman sendiri, pas dia mau melanggar gak jadi karena takut ada yang foto. Jadi masyarakat mengawasi dirinya sendiri, itu sangat amat membantu polisi di wilayah kita ini,” ujar Kapolda.

Kapolda sampaikan, setiap masyarakat yang ingin bergabung akan didata dalam sebuah komunitas, sehingga mereka sendiri yang bertugas menilang jika ada pelanggar dan dipastikan gambar yang dikirimpun bukan hoaks

“Cara kerjanya sederhana saja, jadi setiap nomor kendaraan pelanggar akan di Upload ke media sosial setelah melakukan penilangan online pada aplikasi, jadi jika pelanggarannya berulang hingga tiga kali akan beresiko pada perpanjangan SIM, jadi harus bayar tilang dulu baru boleh urus SIM. Kita tingkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga situasi di sulbar tetap kondusif,” pungkas Kapolda. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *