Selasa , Desember 7 2021
Home / Hukum & Kriminal / Pola Terbuka Dan Tertutup, Empat Ring Pengamanan Sidang Ahok Besok

Pola Terbuka Dan Tertutup, Empat Ring Pengamanan Sidang Ahok Besok

8ENAM.COM, – Pihak Polri telah menyiapkan pengamanan berlapis dalam sidang perdana kasus penistaan agama dengan Terdakwa, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di bekas kantor Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jalan Gajah Mada, Selasa (13/12).

Pengamanan yang diterapkan akan menggunakan pola terbuka dan tertutup.

“(Pengamanan ) terbuka, bisa diketahui identitas persenjataan dan atribut. Sedangkan tertutup, tentu tidak bisa diketahui karena berbaur,” terang Kabag Penum Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul di kantornya, Jakarta, Senin (12/12).

Bagi Polri, ada empat sasaran yang dituju selain pola terbuka dan tertutup. Salah satunya, akan membentuk empat ring pengamanan. Meski demikian, Martin tidak menyebutkan rincian area yang akan ditentukan sebagai ring satu hingga empat.

“Nanti akan dibuat ring 1,2,3, dan 4. Dalam hal ini akan disasar empat objek yang diupayakan supaya bisa berlangsung dengan baik. Khususnya, (lokasi) yang disasar semua orang dan manusia baik di ring satu hingga empat,” paparnya.

Selain itu, Martin juga enggan menyebutkan jumlah personel yang disiagakan untuk sidang perdana Gubernur DKI non aktif itu. Mantan Kabid Humas Polda Jabar itu hanya menjawab normatif terkait jumlah personel yanh disiagakan.

“Jumlah pengamanan sangat dinamis. Karena melihat dinamika yang ada sangat tergantung. Secara aktual membutuhkan personel yang banyak dan tidak sama ketika nanti di lapangan,” demikian Martin.

Seperti diketahui, sidang Ahok diagendakan pukul 10.00 WIB oleh PN Jakarta Utara (Jakut) selaku penyelenggara.

Bekas kantor PN Jakpus di Jalan Gajah Mada menjadi lokasi persidangan mantan Bupati Belitung Timur itu, mengingat kantor PN Jakut di kawasan Sunter sedang direnovasi. [rmol]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *