Senin , Mei 17 2021
Home / Daerah / Penerima Bantuan Zakat Itu Kaum Dhuafa, Bukan Orang Yang Dimiskinkan

Penerima Bantuan Zakat Itu Kaum Dhuafa, Bukan Orang Yang Dimiskinkan


Mateng, 8enam.com.-Penyaluran bantuan Zakat di peruntukan bagi kaum dhuafa, bukan orang yang dimiskinkan. Hal itu di sampaikan oleh Kepala Badan Ambil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Umar Nur saat penyerahan bantuan Zakat untuk kaum dhuafa di Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mateng, Kamis (29/3/2018).

Umar M. Nur sampaikan, penyalurkan bantuan zakat untuk kaum dhuafa ini sudah sesuai dengan data yang ada. Karena pihak Baznas minta dari kecamatan, kecamatan dari desa dan desa ke dusun.

“Kami meminta data dari kecamatan untuk penerima bantuan zakat ini bagi masyarakat yang tidak mampu atau miskin dan tidak memiliki Kartu Bantuan Zakat. Dimana bagi masyarakat tidak mampu atau miskin yang memiliki Kartu Batuan Zakat kami berikan dana setiap bulannya,” ujar Umar Nur.

Dia katakan, Penyaluran zakat ini akan dilakukan 2 kali setiap tahun dimasing-masing kecamatan. Dan pihaknya menekankan kepada camat agar memberikan data yang betul-betul tidak mampu dan sesuai fakta yang ada dilapangan, bukan orang yang dimiskinkan. Bagi penerima bantuan zakat pada hari ini, sudah dipastikan tidak akan menerima lagi berikutnya.

“Selain itu, pihak Baznas Mateng akan memberikan bantuan modal usaha bagi masyarakat yang tidak mampu yang ingin mengembangkan usaha, dan tidak dikenakan bunga,” terangnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Mateng, Anwar Laumma berharap kepada seluruh Kepala Desa, agar mendata masyarakatnya secara objektif. Melakukan pendataan dimasyarakatnya jangan membeda-bedakan, harus sesuai dengan fakta yang ada dilapangan.

“Saya berpesan kepada Kepala Desa agar dalam melakukan pendataan harus betul-betul objektif, harus sesuai dengan fakta dilapangan, jangan memberikan data asal-asalan,” pesan Anwar Laumma.

Diwaktu yang sama, Kabag Kesra, H. Syahrir Dani berharap kepada semua pihak agar peduli dan peka terhadap kehidupan sosial dengan menjunjung tinggi HABLU MINANNAS (Hubungan Kepada Sesama Manusia) menciptakan Mamuju Tengah yang sejahtera.

Untuk diketahui, Hadir dalam kegiatan Tersebut, Kabag Kesra, H. Syahril Dhani, Anggota DPRD Mateng Anwar Launma, Kepala Kemanag Mateng, H. Mahmuddin, Kepala Baznas Kabupaten Mateng, Umar M. Nur, Camat Topoyo Hajai, Ketua MUI Mateng, H. Muh. Kosim, dan Beberapa Kepala Desa Topoyo. (Ysn Hms/Ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *