Minggu , Juni 20 2021
Home / Sosial Budaya / Iskandar Kamaru Ajak Masyarakat Bolsel Untuk Menjaga Dan Melestarikan Tradisi Tumbilo Tohe

Iskandar Kamaru Ajak Masyarakat Bolsel Untuk Menjaga Dan Melestarikan Tradisi Tumbilo Tohe

Bolsel, 8enam.com.-Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru ajak masyarakat Bolsel untuk menjaga dan melestarikan tradisi Tumbilo Tohe.

Pemasangan lampu Tumbilo Tohe atau malam pasang lampu digelar di lapangan Desa Sakti usai buka puasa bersama dengan masyarakat Desa Sakti Kecamatan Posigadan yang di pimpin langsung oleh Bupati Bolsel didampingi staf ahli, pimpinan OPD, Camat Posigadan, Kapolsek Posigadan, dan masyarakat, Jum’at (31/5/2019) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Iskandar Kamaru memberikan apresiasi kepada Kepala Desa (Kades) dan masyarakat desa sakti terutama kepada pemuda karang taruna yang sudah berhasil menampilkan keindahan malam pasang lampu atau Tumbilo Tohe.

“Tradisi malam pasang lampu atau Tumbilo Tohe ini sudah menjadi agenda kabupaten setiap tahun untuk di lombakan. Dan malam ini kita masyarakat Bolsel resmi melaksanakan Tumbilo Tohe tepatnya 27 romadon 1440 H,” kata Iskandar.

Iskandar Kamaru juga mengatakan, Tumbilo Tohe ada tradisi dan menjadi budaya yang patut jaga dan di lestarikan bersama.

“Tumbilo Tohe di samping sebagai tradisi, juga menjadi budaya kearifan lokal yang ada di Bolsel, sebagai daerah yang memiliki visi religius,” ungkapnya (2M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *