Sabtu , September 26 2020
Home / Advetorial / Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila, Wabup Mateng Sampaikan Ini

Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila, Wabup Mateng Sampaikan Ini

Mateng, 8enam.com.-Meski hari libur jelang hari raya idul fitri, namun tak menyurutka semangat Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) untuk melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila setia tanggal 1 Juni.

Semangat untuk mengikuti upacara hari lahir Pancasila juga dilakkuan oleh para ASN dan tenaga kontrak lingkup Pemeeintah Kabupaten Mateng.

Dan bertindak sebagai Inspektur upacara yang berlangsung dilapangan upacara Kantor Bupati Mateng, Sabtu (1/6/2019) tersebut adalah Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa.

Dalam pidato seragam Plt Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) RI, Hariyono yamg dibacakan oleh, H. Muh. Amin Jasa menagatakan bahwa, Pancasila sebagai dasra negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari tuhan Yang Maha Esa buat bangsa indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila,” ujarnya.

Lanjutnya, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologi dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif, proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus-menerus, pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari.

Berkat pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas kata Amin Jasa, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah, berkat pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah slogan Bhineka Tungkal Ika.

Usai upacara Wakil Bupati Mateng mempersilahkan seluruh ASN dan PTT untuk memanfaatkan hari libur dengan tetap mengingat jadwal hari kerja yang telah ditetapkan, sehingga pada saatnya tidak terdapat ASN yang mangkir dari tugas dan tanggung jawabnya sebagai pelayan masyarakat. (Ysn Hms/wan)

Advetorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *