Kamis , April 15 2021
Home / Advetorial / Ini Prioritas Pembangunan di Kabupaten Mamuju Tengah Tahun 2022

Ini Prioritas Pembangunan di Kabupaten Mamuju Tengah Tahun 2022

Mateng, 8enam.com.-Pemkab Mamuju Tengah gelar kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa.

Acara tersebut digelar di Aula Kantor Bupati Mateng dengan menerapkan protokol COVID-19, Selasa (2/3/21) dihadiri Sekda Mateng, H. Askary Anwar, Wakil Ketua I DPRD Mateng, Herman MT, Kepala Bappeda Mateng, Ishaq Yunus, Wakapolres Mateng, Kompol Ramli, Pabung Mateng, Letkol Inf. Andi Aras, Para Asisten Setda Mateng dan Staf Ahli Bupati Mateng, Anggota DPRD Mateng, serta Kepala OPD Lingkup Pemkab Mateng, dan lainnya mengikuti secara virtual.

Kepala Bappeda Mateng, Ishaq Yunus, dalam laporannya menjelaskan, FKP Rancangan Awal RKPD Kabupaten Mamuju Tengah Tahun 2022 ini mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan serta isu strategis Kabupaten Mateng, maka dirumuskan Tema Pembangunan Kabupaten Mamuju Tengah Tahun 2022 yaitu Peningkatan Sistem Perekonomian dan Sistem Sosial Tangguh untuk Kesejahteraan Masyatakat.

“Ranwal RKPD ini bertujuan untuk menjaring aspirasi dari para pemangku kepentingan agar mendapatkan masukan dan saran untuk menyelaraskan pembangunan di Kabupaten Mateng tahun 2022 nanti, dan untuk diselaraskan dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi Sulbar,” ujarnya.

Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa, mengatakan, yang menjadi Prioritas Pembangunan di Kabupaten Mateng pada Tahun 2022, Peningkatan sistem perekonomian dan Sistem sosial tangguh untuk kesejahteraan masyatakat

“Kami mengharapkan pada seluruh komponen pelaku pembangunan dapat memberikan sumbangan pemikiran, sehingga melalui forum konsultasi publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Mateng Tahun 2022 dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat yang akan disingkronisasikan dengan kebijakan dan program pembangunan Pemerintah Daerah,” kata Wakil Bupati Mateng

Disamping itu menurutnya, harus ada sinkronisasi dan sinergitas antar program pembangunan yang kemudian diharapkan agar mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi daerah serta menjawab permasalahan dan kebutuhan di tahun 2022.

Setelah membuka acara rancangan awal RKPD 2022, dilanjutkan diskusi panel dengan narasumber pelaksanaan konsultasi publik oleh tenaga ahli penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah kabupaten Mamuju Tengah dari Universitas Hasanuddin Prof. DR. Darmawan Salman.

Dari hasil dialog menghasilkan rumusan program untuk menunjang program prioritas tahun 2022 yakni, Penetapan rencana induk jaringan LLAJ Kabupaten, Penyelenggaraan jalan Kabupaten, Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Penyediaan lahan kesehatan untuk UKM dan UKP rujukan tingkat daerah Kabupaten, Pelayanan penyelamatan dan evakuasi korban bencana, Pemberdayaan usaha mikro yang dilakukan melalui pendataan, kemitraan, kemudahan perizinan, penguatan kelembagaan dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan, Pengembangan kapasitas pelaku usaha kreatif, Pengembangan prasarana pertanian, Pelaksanaan penyuluhan pertanian, Pengelolaan sampah.

Seusai acara diskusi panel Wakil Bupati Mateng dan Sekdakab Mateng menyaksikan penandatangan berita acara kesepakatan forum konsultasi publik, antara Wakil Ketua I DPRD Mateng, Kepala Bappeda Mateng, Kepala OPD, Bank Sulselbar, Ketua KPU, Organisasi HMI, Tokoh Masyarakat, dan Wartawan. (Iis/amr)

Advetorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *