Sabtu , September 21 2019
Home / Daerah / Dongkrak Minat Baca Masyarakat, Ini Yang Akan Dilakukan Dinas Perpustakaan Mateng

Dongkrak Minat Baca Masyarakat, Ini Yang Akan Dilakukan Dinas Perpustakaan Mateng

Mateng, 8enam.com.-Lewat tugas dan fungsinya sebagai pelayan publik, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) membuka terobosan baru yakni, mendongkrak minat baca masyarakat Mateng dengan program prioritas yang dinamakan “Pustaka Gerak Kreatif dan Perpustakaan Masjid” mulai tahun 2017 sampai 2021.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Bambang Suparni, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, jumat (11/8/2017) kemarin menuturkan, karena program kerja ditahun 2017 telah berlalu tujuh bulan, otomatis sejak pelantikan dirinya sebagai Kadis Perpustakaan, dirinya membuat inovasi dan sebuah gebrakan baru untuk meningkatkan minat baca nasyarakat dengan nama Pustaka gerak kreatif dan perpustakaan masjid.

“Insya Allah tahun 2017 sisa lima bulan direncakan sesuai dengan APBD Perubahan akan dilaksanakan program Pustaka gerak kreatif seperti, Pertama, Gerobak Baca yang berfungsi untuk membangkitkan semangat minat baca masyarakat kita, yang melakukan kegiatan ditempat-tempat keramaian, seperti di kafe-kafe, bisa memimjam buku untuk dibaca sambil menunggu menu yang disajikan. Kedua, Kedai literasi untuk mendorong masyarakat kita tergugah minat bacanya, utamanya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Mateng dan akan disampaikan kepada Bupati untuk tindaklanjutnya. Ketiga, Motor Pustaka untuk membangkitkan semangat baca masyarakat Mamuju tengah di Desa-desa yang jauh dari perkotaan, seperti Desa Salule’bo, Desa Sanjango, dan Desa Passapa,” Ucapnya.

Menurutnya, alasan membuka perpustakaan masjid itu karena berdasarkan data yang ada, ternyata di Mateng tak satupun Masjid mempunyai Perpustakaan. Hal tersebut sangat mengurangi minat baca, sehingga pihaknya terinspirasi untuk secepatnya membuka perpustakaan masjid, walaupun satu disetiap kecamatan.

Dia juga sampaikan, tahun ini Mateng di prioritaskan oleh Kepala Perputakaan Nasional akan diberikan satu unit mobil perpustakaan keliling, bahkan semua program prioritas yang diusulkan sangat direspon dengan baik, sehingga dirinya diberikan pula peluang untuk secepatnya membuat proposal pembangunan gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Mateng yang akan diantar langsung ke pusat. (ws)

 

One comment

  1. inovasi yg sgt bagus
    Mg sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *