Jumat , Juni 21 2024
Home / Daerah / Bicara Pencegahan DBD, Kadinkes Sulbar Katakan Begini

Bicara Pencegahan DBD, Kadinkes Sulbar Katakan Begini

Mamuju, 8enam.com.-Ditemui di Ruang kerjanya, Kepala dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy membeberkan cara untuk mencegah penularan Demam Berdarah (DBD).

Kata dia, untuk mencegah penularan penyakit DBD mestinya dimulai dari sanitasi lingkungan kemudian menjaga imunitas tubuh.

“Jadi langka langka yang harus dilakukan pertama sanitasi dalam lingkungan kemudian fogging untuk membasmi jentik jentik nyamuk,” kata drg. Asran, Rabu (31/5/2023)

Kemudian hal lain kata drg Asran, peningkatan kondisi tubuh manusia itu sendiri, bagaimana memelihara, menjaga imunitas tubuh.

“Kemudian marilah masyarakat secara mandiri bisa memelihara kesehatan diri masing masing. Rajin makan makanan sehat, rajin konsumsi suplemen vitamin sehingga kondisi tubuh bagus, dan sedikit banyak memperkuat imunitas,” ujarnya.

drg. Asran menjelaskan, demam berdarah adalah infeksi virus yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi.

“Jadi demam berdarah itu berkembang didalam perut nyamuk Aedes aegypti, itu ditularkan ke manusia,” ungkapnya.

“Nah kapan kondisi tubuh manusia menurun, imun tubuhnya kalah dia sakit, disaat dia sakit didalam tubuhnya bibit nyamuk itu berkembang. Itulah yang menular ke orang lain,” jelas Asran Masdy.

Ia pun menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengantisipasi perkembangan kasus demam berdarah.

“Saya selaku pribadi kemudian selaku Kepala Dinas Kesehatan provinsi menghimbau kepada kita semua, kepada lapisan masyarakat. Mari kita antisipasi, kita tanggap terhadap penyebaran penyakit DBD,” pungkasnya. (edo)

Check Also

Dorong Terwujudnya Ekonomi Inklusif, Bahtiar Bentuk TPAKD Hingga Level Kecamatan

Mamuju, 8enam.com.-Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menggelar Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *