Jumat , Juni 21 2024
Home / Daerah / Bersama Masyarakat, Dinas Perikanan Dan Kelautan Gagas Desa Nelayan Mandiri

Bersama Masyarakat, Dinas Perikanan Dan Kelautan Gagas Desa Nelayan Mandiri

Mamuju Utara, 8enam.com.-Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mamuju Utara (Matra) bersama dengan masyarakat nelayan di Kecamatan Baras Kabupaten Matra menggagas desa nelayan mandiri.

Pertemuan yang diprakarsai oleh Dinas Perikanan dan Kelautan yang digelar tidak jauh dari lokasi jembatan Desa Bulu Parigi ini di hadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Matra Ir. H. Agus Ambo Djiwa MP.  Kedatangan Bupati Matra langsung disambut dengan persembahkan seni beladiri pencak silat tradisional Kecamatan Baras yang cukup mengundang perhatian masyarakat yang hadir dalam acara pertemuan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Matra Ir. Abbas, dalam sambutannya mengakatan, masyarakat harus bisa pro aktif melihat potensi yang ada apalagi wilayah pesisir Kabupaten Mamuju Utara cukup luas. Selain itu Kepala Dinas perikanan ini juga mengajak masyarakat unutk mengajukan proposal kepada pemerintah untuk pembinaan dan pengembangan potensi kelautan diwilayahnya.

Sementara Bupati Mamuju Utara Ir. H. Agus Ambo Djiwa MP, menghimbau masyarakat nelayan untuk mengurus kartu asuransi nelayan dan kartu PBJS, karena hal tersebut merupakan salah satu program pemerintah Pusat. Selain itu, Bupati Matra juga mengajak masyarakt untuk memanfaatkan bantuan pemerintah dengan mengajukan proposal bantuan untuk peningkatan pengelolaan sumber daya yang ada, mengingat begitu banyaknya dana pusat yang bergulir untuk pengembangan pembangunan diberbagai sektor dalam pemerintahan presiden jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menginformasikan kepada masyarakat, bahwa dalam waktu dekat, disektor pertanian akan memberikan bantuan bibit jagung untuk 10.000 hektar beserta pupuknya.

Pihaknya juga mengajak seluruh unsur pemerintahan beserta perangkat dan masyarakat Kabupaten Matra untuk menggalakkan kembali semangat gotong royong untuk mendukung pembangunan khusunya di Kabupaten Matra. Bupati juga menghimbau agar masyarakat Matra menjadi masayarakat mandiri dan pro aktif mendukung pemerintah melalui kerjasama yang erat, sehingga tidak terlalu bergantung dan hanya menunggu bantuan pemerintah. (joni)

Kegiatan tersebut juga di rangkaikan dengan penyerahan bantuan berupa peralatan mesin penggilingan dros jagung kepada masyarakat tani, yang di serahkan oleh Bupati Matra di dampingi Kadis Perikanan dan Kelautan Matra. (Joni)

 

Check Also

Dorong Terwujudnya Ekonomi Inklusif, Bahtiar Bentuk TPAKD Hingga Level Kecamatan

Mamuju, 8enam.com.-Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menggelar Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *