Sabtu , September 21 2019
Home / Daerah / Askary Ajak Masyarakat Terlibat Dalam Pengawasan Program Pembangunan Daerah

Askary Ajak Masyarakat Terlibat Dalam Pengawasan Program Pembangunan Daerah

Mateng, 8enam.com.-Berhasilnya pembangunan suatu daerah di perlukan partisifasi masyarakat dalam pengawasan pembangunan daerah. Hal tersebut di sampaikan Sekertaris Kbupaten (Sekkab) Mamuju Tengah (Mateng) Askary dalam Musyawarah Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Pangale, Kamis (16/3/2017).

Askary katakan, semakin tinggi partisifasi masyarakat, baik melalui proses perencanaan, pengawasan sampai dengan pelaksanaan program kegiatan tersebut, maka semakin optimal dan tepat sasaran sebuah program yang ada di daerah baik desa maupun kecamatan.

Yang perlu di perbaiki lanjutnya, adalah proses perencanaan. Karena kalau salah melakukan perencanaan, maka kesalahan itu akan terus terjadi sampai dengan pelaksanaan kegiatan mungkin tidak akan optimal karena salah melakukan langkah awal. Inilah yang akan terus di perbaiki, mulai dari proses perencanaan sampai dengan pelaksanaan kegiatan program.

“Pengawasan semua program kegiatan pembangunan, baik yang di lakukan oleh Pemerintah desa sampai pemerintah pusat, masyarakat wajib memantau. Masyarakat berhak menerima informasi berapa jumlah anggaran yang masuk ke daerahnya, masyarakat berhak mengetahui spek pekerjaan yang akan di lakukan di daerahnya,” jelasnya.

Menurutnya, kalau masyarakat sudah di libatkan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai pada tingkat pengawasan, insya Allah program kegiatan yang akan dilaksanakan nanti yang tertuang dalam APBD tidak aka nada yang bermasalah. Tapi kapan partisifasi masyarakat tidak ada di dalamnya, maka program tersebut tidak akan optimal.

“Mudah-mudahan itu tidak terjadi, karena kita ingin melihat program yang kita buat, program yang kita usulkan, itu betul-betul bisa menyentuh kepentingan masyarakat, memberikan kontribusi nilai ekonomi kepada masyarakat dan menaikkan derajat kesejahteraan masyarakat. karena kesejahteraan masyarakat itu, tidak hanya di ukur bagaimana tingkat pendapatan masyarakat itu. Tapi yang membuat masyarakat tidak sejahtera adalah infrastruktur seperti jalan, jembatan, listrik, kesehatan pendidikaan sampai dengan air bersih. Ini salah satu penilaian tin gkat kesejahteraan masyarakat kita,” ungkapnya. (Ra/Ysn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *