Minggu , Desember 5 2021
Home / Daerah / Yusril Mahendra Dan Bela Aprianti Terpilih Sebagai Tonacanga Dan Tonalolo Mamuju Tengah 2019

Yusril Mahendra Dan Bela Aprianti Terpilih Sebagai Tonacanga Dan Tonalolo Mamuju Tengah 2019

Mateng, 8enam.com.-Setelah melalui proses seleksi yang ketat dari para dewan juri yang berkopeten, pemilihan Tonacanga dan Tonalolo Kabupaten Mamuju Tengah tahun 2019, memasuki babak grand final.

Malam grand final pemilihan Tonacanga dan Tonalolo Kabupaten Mamuju Tengah berlangsung di pelataran terminal Benteng Kecamatan Tobadak Kabupaten Mateng, Selasa (29/10/2019), dengan mengangkat Tema “Dengan Kebinekaan Mari Kita Majukan dan Lestarikan Budaya Kita Sebagai Identitas Bumi Lalla Tasisara”.

Setelah melalui penilaian dari dewan juri, dari perwakilan Kecamatan Tobadak, Yusril Mahendra dan Bela Aprianti terpilih sebagai juara 1 Tonacanga dan Tonalolo Kabupaten Mamuju Tengah tahun 2019.

Untuk Juara II atau Runner Up I Tonacanga Tonalolo dari perwakilan Kecamatan Topoyo, Haenal dan Nurmasita. Sedangkan Juara III atau Runner Up Ke 2 Tonacanga Tonalolo dari perwakilan Kecamatan Karossa, Resa Kurniawan dan Siti Nurhalisa.

Dalam sambutanya, Asisten 3 Setda Mateng, H. Bahri Hamsah berharap, pemilihan Tonacanga dan Tonalolo bukan hanya sekedar perlombaan, tapi bagaiman memperlihatkan dan mengembangkan budaya-budaya yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah.

“Kita memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Dinas Pendidikan yang telah melaksanakan kegiatan. Kita juga berharap kedepan kegiatan ini bisa lebih ditingkatkan lagi, karena kegiatan ini bukan hanya sekedar pemilihan Tonacanga dan Tonalolo, tapi kita juga ingin memperlihatkan dan mengembangkan budaya yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah,” kata Bahri Hamsah.

Sebagai daerah baru yang beru berumur 6 tahun kata Bahri Hamsah, Mamuju Tengah harus membangkitkan budaya-budaya yang ada di Mamuju Tengah.

Terpisah, Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mateng, Hj. Nirwanasari Aras menuturkan bahwa, tujuan dari diselenggarakanya pemilihan Tonacanga dan Tonalolo ini dalam rangka mencari bakat-bakat baru bidang kebudayaan dan pariwisata untuk mengembangkan daerah Kabupaten Mamuju Tengah khususnya dibidang budaya dan pariwisata.

“Kita sudah beberapa kali mewakili Sulbar ketingkat nasional diajang pemilihan duta wisata dan putri indonesia,” ujar Nirwanasari.

Dia katakan, untuk kedepan pihaknya akan terus berbenah dan berusaha semaksimal mungkin agar kegiatan ini memiliki gaung yang lebih besar. Pihaknya juga mengaku akan terus memperbaiki apa yang menjadi kelemahan dan lebih meningkatkan apa yang menjadi keberhasilan dalam kegiatan pemilihan Tonacanga dan Tonalolo.

“Harapan saya kepada pemuda agar terus mengasah kemampuannya disegala bidang, terkhusus kepada peserta yang terpilih agar terus belajar dan belajar mengasah kemampuannya agar bisa bersaing di kanca nasional bahkan di kancah internasional,” ucapnya. (Ysn Hms/wan)

Rubrik Ini Dipersembahkan Oleh Kominfo Kabupaten Mamuju Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *