Senin , Juni 21 2021
Home / Daerah / Wabup Mateng Paparkan Potensi SDA Dihadapan Tim Wantanas

Wabup Mateng Paparkan Potensi SDA Dihadapan Tim Wantanas


Mateng, 8enam.com.-Dihadapan tim sekretariat Jendral Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas), Wakil Bupati Mamuju Tengah (Mateng), H. Muh. Amin Jasa paparkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang di miliki Kabupaten Mateng dan kondisi dan stabilitas keamanan di Kabupaten Mateng.

Kunjungan Kerja Tim Sekretariat Jendral Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) dalam rangka pengkajian daerah di Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat.

Wabup sampaikan, Kabupaten Mamuju Tengah adalah Daerah Otonomi Baru (DOB) yang dibentuk berdasarkan undang-undang nomor 4 tahun 2013, dengan luas wilayah 3.014 KM, jumlah penduduk kurang lebih 143.000 jiwa yang terdiri dari 5 Kecamatan dan 54 Desa.

“Sebagai DOB, saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mateng sedang melakukan akselerasi pembangunan pada semua sektor sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, dengan memprerioritaskan pada pembangunan sektor infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan dan perkantoran pemerintah, penyedian infrastruktur pendidikan, kesehatan, pertanian dan perkebunan,” tutur Amin Jasa, Rabu (28/3/2018).

Dia katakan, Kabupaten Mamuju Tengah memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) pada sektor perkebunan dan pertanian seperti kelapa sawit, kelapa dalam, jagung, kakao, padi, dan pisang. Potensi tersebut apabila dapat dikelola dengan baik, maka akan dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, kemajuan suatu daerah dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi dan capaian Indek Pembangunan Manusianya (IPM)

Dari SDA lanjut Wabup, produksi jagung di Kabupaten Mateng sebesar 51.538 Ton. Produksi jagung tersebut telah mampu memberi kontribusi paling besar terhadap produkai jagung di Provinsi Sulbar. Untuk produksi padi sebesar 5.830 Ton. Sedangkan untuk produksi kelapa sawit sebesar 109.608 Ton.

“Keberhasilan yang dicapai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mateng dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat adalah, berkat usaha dan kerja keras pemerintah dan partisipasi serta dukungan seluruh masyarakat dan tak kalah penting adalah terciptanya suasana kondusif dan rasa aman dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, terkait dengan kondisi dan stabilitas, Kabupaten Mateng berjalan dengan baik dan kondusif, ini dapat dicapai berkat adanya koordinasi, komunikasi dan antisipasi yang baik dari seluruh aparat, baik dari jajaran Kepolisian maupun jajaran TNI serta dukungan dari seluruh masyarakat.

“Namun dengan semua itu kita tdak boleh lengah, karena saat ini juga sedang tumbuh paham radikalisme dan lainnya. Sehingga perlu untuk diantisipasi dan diwaspadai karena akan dapat mengancam persatuan kita,” ungkapnya.

Hal lain tambahnya, yaitu peredaran narkoba yang sasarannya telah memasuki pada semua kalangan, tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga terutama pada anak-anak dan generasi muda. Untuk itu dibutuhkan komitmen dan kerjasama dari semua pihak baik dari Polri, TNI, BNN, Pemerintah maupun masyarakat untuk menyatakan perang terhadap bahaya narkoba.

Untuk di ketahui, Kunjungan Kerja Tim Sekretariat Jendral Wantanas yang Ketua Tim Mayjen TNI Aris Martono Haryadi, Brigjen TNI Abdul Shamad, bersama anggota Kolonel Kav. Syachriyal ES, dan Kolonel Sus. Sutarno diterima langsung oleh Wabup Mateng, H. Muh. Amin Jasa, Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Mateng, H. Askary, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra, Artis Effendi dan seluruh unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Mamuju tengah. (Ysn Hms/Ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *