Senin , Mei 17 2021
Home / Daerah / Wabup Mateng Ajak Masyarakat Untuk Berprilaku Hidup Sehat

Wabup Mateng Ajak Masyarakat Untuk Berprilaku Hidup Sehat

Mateng, 8enam.com.-Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Wakil Bupati Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), H. Muh. Amin Jasa mengajak seluruh masyarakat Mateng untuk berprilakh hidup sehat. Hal tersebut di sampaikan saat melouncing Germas di kawasan terminal Benteng Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mateng, Kamis (30/11/2017).

Louncing Germas tersebut di hadiri Gubernur Sulbar yang di wakili oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Sulbar, H. Muhammad, Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mateng, H. Arsal Aras, anggota DPRD Mateng, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mateng.

H. Muh. Amin Jasa katakan, keluarga merupakan unit terkecil dari Masyarakat dan menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai undang-undang nomor 36 tahun 2009. Pemerintah melalui Menteri Kesehatan telah mengeluarkan peraturan Menteri Kesehatan nomor 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan derajad kesehatan Masyarakat.

“Mulai hari ini saya mengajak seluruh Masyarakat Mateng untuk berprilaku hidup sehat, membersihkan lingkungan, berolahraga secara teratur, meningkatkan komsumsu sayur dan buah, membangun lingkungan yang sehat dengan cara membuang sampah yang benar dan yang paling utama adalah kerjasama oleh semua pihak, gotong royong dan bahu membahu untuk menciptakan Mamuju Tengah yang bersih, rapi, indah dan sehat,” ujar Amin Jasa.

Kegiatan Germas lanjutnya, dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengkomsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkomsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Pada tahap awal lanjutnya lagi, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan yakni, melakukan aktifitas fisik selama 30 menit per hari, mengkomsumsi buah dan sayur dan memeriksa kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

“Tiga kegiatan tersebut dapat di mulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan tempat kita bekerja yang dapat di lakukan saat ini juga, karena tidak membutuhkan biaya yang besar,” ujarnya.

Di tambahkanya, tujuan dari Germas inj, agar masyarakat berprilaku sehat, sehingga di harapkan berdampak pada terciptanya lingkungan bersih. Sehingga jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat akan meningkat dan kesehatan masyarakat terjaga. (Ysn Hms/Ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *