Selasa , Oktober 27 2020
Home / Daerah / UMKM Dan IKM Di Mamuju Tengah Terima Bantuan Modal Dari Pemprov Sulbar

UMKM Dan IKM Di Mamuju Tengah Terima Bantuan Modal Dari Pemprov Sulbar

Mamuju, 8enam.com.-Dalam rangka pemulihan ekonomi bagi UMKM dan IKM, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat serahkan bantuan Modal kepada ratusan UMKM dan IKM yang terdampak Covid 19.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor Bupati Mamuju Tengah, Selasa. (28/7/2020) di hadiri langsung Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Kajati Sulbar, Darmawel Aswar, Wakapolda Sulbar, BrigjenPol. Dr. Endi Sutendi, Bupati Mateng, H. Aras Tammauni, Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa, Wakil Ketua 1 DPRD Mateng Herman MT, Para Asisten Lingkup Setda Mateng, Kepala OPD Lingkup Mateng, Para Camat se Kabupaten Mateng,

Bantuan modal usaha bagi UMKM dan IKM tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sulbar didampingi Bupati Mamuju Tengah. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada pelaku usaha UMKM dan IKM.

Dal sambutannya, Gubernur Sulbar mengatakan, Penyebaran Virus Covid 19 telah menimbulkan korban jiwa dan material serta berdampak pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dalam rangka pencegahan dan percepatan penanganan covid 19 di Provunsi Sulbar diperlukan langkah cepat, tepat fokus, terpadu dan sinergi antara Pemprov Sulbar dan Pemkab.

Lanjutnya, percepatan penanggulangan alokasi anggaran tanggap darurat melalui Belanja Tidak Terduga (BTT), refocussing dana atau perubahan alokasi anggaran secara memadai diperlukan, untuk meningkatkan kapasitas penanganan dampak ekonomi terutama menjaga dunia usaha tetap hidup, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah serta IKM menjadi salah satu sektor perekonomian yang terdampak akibat adanya pandemi covid 19 di Sulbar.

“Nah, berdasarkan pemetaan dampak covid 19 bagi UMKM dan IKM, terdapat permasalahan pokok yakni menurunnya jumlah pembeli dan omset produksi, sehingga pemasaran menjadi terganggu, kesulitan mendapatkan bahan baku produksi baik dari tingkat kemahalan harga maupun kesulitan mendapatkan bahan baku,” kata Gubernur.

Untuk itu kata Ali Baal, dalam rangka mengurangi beban UMKM dan IKM yang terdampak resiko pandemi covid 19, serta upaya kembali menghidupkan UMKM dan IKM baik yang bergerak dibidang makanan maupun non makanan yang ada di Sulbar, melalui Bantuan Modal dalam rangka pemulihan ekonomi bagi UMKM dan IKM yang terdampak Covid 19, Pemprov Sulbar melalui dinas terkait memberikan bantuan Modal bagi UMKM dan IKM yang terdampak pandemi covid 19 di Kabupaten Mamuju Tengah sebanyak 271 UMKM dan IKM.

UMKM mendapatkan bantuan Modal sebanyak 92, sementara IKM yang mendapatkan bantuan Modal sebanyak 179. Dengan jumlah keseluruhan modal sebesar Rp 671.000.000, dengan ditransfer langsung ke rekening UMKM dan UKM sesuai daptar penerima bantuan Modal.

“Kita berharap bantuan Modal ini yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan dangan baik, betul-betul digunakan untuk menghidupkan kembali usahanya sehingga perekonomian kita dapat dipulihkan,” harap Gubernur.

Sementara Bupati Mamuju Tengah, H. Aras Tammauni menyampaikan, Kabupaten Mateng adalah salah satu daerah atau Kabupaten yang masuk daerah terdampak covid-19, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.

Bupati juga menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Mateng telah berperan aktif dalam menangani covid-19 secara bersama-sama dengan semua stakeholder pihak kepolisian, TNI, Swasta serta Masyarakat,

Lanjut Bupati, Dimasa pandemi tersebut, sebagian masyarakat merasakan dampak ekonomi akibat kurangnya aktivitas yang dilakukan dalam keseharian mereka, karena taat pada himbauan pemerintah.

“Salah satu sektor yang terdampak covid 19 adalah UMKM dan IKM di Mamuju Tengah, sehingga perlu mendapat perhatian dari kita semua untuk melangsungkan usaha mereka kembali, dalam rangka mengurangi kemiskinan dan menyerap tenaga kerja untuk menghidupkan perekonomian daerah,” ungkap Bupati. (SN/one)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *