Selasa , Desember 7 2021
Home / Daerah / TMMD TNI Ke 106 Kodim 1418 Mamuju Resmi Di Buka

TMMD TNI Ke 106 Kodim 1418 Mamuju Resmi Di Buka

Mateng, 8enam.com.-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 tahun 2019 Kodim 1418 Mamuju resmi di buka. Hal itu ditandai dengan digelarnya upacara pembukaan yang berlangsung di lapangan Desa Sanjango Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah, Rabu (2/10/2019)

Hadir dalam upacara pembukaan tersebut Bupati Mateng yang diwakili oleh Asisten 3 Bahri Hamsah yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan TMMD ke 106, Danrem 142 Tatag, Kolonel Inf Eventius Teddy Danarto, Dandim 1418, Kolonel Inf Suyitno, S.IP, Dansat Brimop Polda Sulbar, AKBP Iwan. S, peronil TNI AD, TNI AL, Wakil Ketua DPRD Mateng, Herman, Anggota DPRD Mateng, Sat Pol PP, Tagana, Kapolsek se Kabupaten Mateng, Kepala OPD lingkup Pemkab Mateng, Kades Sanjango, M. Yamin, Damril 1418-04 Budong-budong, Kapten Inf Mukhtar.

Upacara pembukaan ini dirangkai mula Penghormatan, Laporan komandan upacara untuk inspektur upacara, TMMD oleh Dandim 1418-04 Budong-budong, Penyerahan alat kerja oleh inspektur upacara, Amanat inspektur Upacara, Andika bhayangkari, Pembicaraan Do’a, Laporan komandan undangan kepada inspektur upacara, Penghormatan kepada inspektur upacara.

Dalam sambutanya, Bahri Hamsah mengatakan, Program TMMD telah dimulai sejak tahun 1980 dengan sebutan program ABRI Masuk Desa (AMD). Program ini berubah menjadi TMMD sejak reformasi, akibat adanya TAP MPR yang memisahkan Polri dari Polri.

“Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, progr TMMD yang telah berlangsung selama 38 tahun ini, semakin dirasakan mamfaatnya oleh masyarakat,” kata Bahri Hamsah.

Menurutnya, Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah indonesia merupakan daerah perdesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir. Sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu masih sangat relevan.

“Dalam konteks kepentingan akselerasi pembangunan, TMMD dapat dinilai sebagai suatu trobosan yang efektif, efesien dan produktif,” ujarnya.

“Sejak tahun 80-an sampai dengan pelaksanaan TMMD ke 106 yang akan dibuka hari ini, kepekaan TNI dengan rakyatnya tidak menampakkan gelagat berkurang,” ungkapnya.

Untuk diketahui, program TMMD ke 106 tahun 2019 Kodim 1418 Mamuju di Desa Sanjango Kecamatan Karossa ini menyasar dua sasaran yakni.

Sasaran Fisik

1. Peningkatan jalan tani sepanjang 3.500 m x 6 m.
2. Galiam Drainase dan saluran air 1000 m.
3. Galian batu lunak 75 m x 6 m.
4. Pemuatan plat ducker 5 buah.
5. Rehab masjid di Desa Sanjango 1 unit.

Sasaran non fisik.

Penyuluhan dan sosialisasi

1. Penyuluhan bahaya narkoba.
2. Penyuluhan hukum dan Kamtibmas.
3. Penyuluhan KB Kes.
4. Penyuluhan pertanian.
5. Penyuluhan Han Pangan.
6. Penyuluhan Wasbang dan Bela Negara

Kegiatan Bhakti Sosial

1. Pelayanan KB Kesehatan.
2. Pengobatan Gratis
3. Sunatan massal. (one)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *