Selasa , Maret 31 2020
Home / Daerah / Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Mateng Akan Kerjasama Dengan Unhas

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Mateng Akan Kerjasama Dengan Unhas

Mateng, 8enam.com.-Sebagai daerah baru yang masih sangat minim dengan SDM, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju Tengah (Mateng) akan melalukan kerjasama dengan Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar.

Hal itu diungkapkan oleh Sekkab Mateng, H. Askary Anwar saat membuka kegiatan sosialisasi sekolah Pascasarjana di Kabupaten Mamuju Tengah yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Mateng, Selasa (25/2/2020).

Hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut, Prof. Dr. H. Hamka NapingWakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumberdaya Sekolah Pascasarjana UNHAS Makassar dan dihadiri oleh para Asisten Setda Mateng, Pimpinan dan Staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab Mateng.

Dalam sambutannya Askary menyampaikan bahwa Kabupaten Mateng terbentuk tahun 2013, tentu sarana prasarana infrastrukturnya SDMnya masih minim, jumlah rasio pegawai dengan masyarakat juga masih rendah.

“Belum lagi kita berbicara tentang kualitas, dari segi kuantitas kita juga belum cukup, kualitasnya juga masih perlu di tingkatkan, apalagi kita daerah ini daerah baru, daerah yang membutuhkan perhatian yang besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat kita,” ujar Askary.

“Salah satu rekomendasi dari BPK terkait dari hasil pemeriksaan mulai dari awal terbentuknya daerah ini sampai sekarang adalah peningkatan kapasitas SDM, mulai dari tatanan Lokal di Desa sampai di tingkat Kabupaten perlu kita tingkatkan kualitasnya,” sambung Askary.

Untuk itu, Askary memgaku sudah melaporkan ke Bupati, In Shaa Allah untuk tahun 2020 ini Pemkab Mateng akan melakukan MoU dengan UNHAS, dari dasar itu akan melakukan kerjasama di berbagai sektor, ada beberapa kerjasama diantaranya terkait dengan masalah bagaimana penanggulangan kemiskinan akan dibuat kajian, bagaimana pengembangan SDM agar kualitasnya lebih bagus.

Dengan hadirnya Prof. Dr. H. Hamka Naping kata Askary, sudah memberikan berkah, memberikan suasana yang baru dan mudahan-mudahan bisa ditindak lanjuti.

“Saat ini kita belum punya alokasi anggaran untuk menyiapkan pegawai-pegawai kita yang ingin melanjutkan program S2 dan S3 tetapi kami memberikan ruang bantuan penyelesaian untuk sementara, tetapi ditahun 2021 nanti, kita akan cari pegawai-pegawai kita yang punya berprestasi kita tidak menutup apakah itu dia pejabat atau staf dimasing-masing OPD yang kita butuhkan setelah kita meeting, kebutuhan apa yang kita butuhkan misalnya kita butuh S2 apa yang Mateng supaya bisa mengangkat harkat dan martabat daerah ini, untuk melakukan akselerasi pembangunan misalnya, kita akan desain dan kemudian kita akan berikan ruang melalui APBD, ini niat kita,” ungkapnya.

“Kami berharap jalinan kerja sama antara Pemkab Mateng bersama UNHAS Makassar nantinya dapat terjalin dengan baik di Kabupaten Mateng, sehingga langkah-langkah pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan SDM yang berkualitas dapat terwujud,” tutupnya. (RK/one)

Rubrik Ini Dipersembahkan Oleh Dinas Kominfo Kabupaten Mamuju Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *