Selasa , Desember 7 2021
Home / Advetorial / Tingkatkan Derajad Kesehatan Masyarakat, Pemkab Mamuju Luncurkan Program ASEK

Tingkatkan Derajad Kesehatan Masyarakat, Pemkab Mamuju Luncurkan Program ASEK

Mamuju, 8enam.com.-Guna meningkatkan derajad kesehatan masyarakat, Pemerintah kabupaten mamuju mulai meluncurkan program Anggatangku Sehat Keren (ASEK). Program ini mengadaptasi Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat, yang semangatnya mengacu pada Instruksi presiden nomor 1 tahun 2017,

Program dengan nuansa kearifan lokal ini, dilaunching di Kecamatan Tapalang oleh Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi, Sabtu (10/4/2021) yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah, sejumlah pimpinan OPD pemkab mamuju, serta lembaga mitra maupun para kepala desa dan lurah yang wilayahnya terdampak gempa bumi.

Menjelaskan teknis inisiasi pelaksanaannya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, Tonga mengatakan, kegiatan tersebut adalah salah satu langkah untuk meningkatkan derajad kesehatan masyarakat, terlebih dari kajian tim kesehatan yang tergabung dalam kelompok kerja (Pokja) kesehatan, terdapat setidaknya tiga masalah kesehatan penting yang terjadi pasca bencana, yakni pemberantasan penyakit infeksi atau menular, betambahnya kasus penyakit tidak menular, serta munculnya kembali penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi.

Olehny itu kata Plt yang masih aktif sebagai asisten 1 Pemkab Mamuju ini, perlu adanya tindakan sitematis dan terencana dalam sebuah gerakan masyarakat untuk menanggulangi hal tersebut, olehnya melalui gagasan bersama maka muncullah program Anggatangku Sehat Keren (ASEK).

Mengapresiasi program tersebut, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengaku, program ASEK adalah sebuah langkah maju untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terlebih gerakan ini dinilai akan menghasilkan “multiplier efek” atau akan berdampak positif terhadap berbagai sektor yang lain manakala program ini benar-benar bisadiaktualisasi dengan baik.

Sutinah menyebutkan, dengan melakukan gerakan bersama untuk mulai membiasakan pola hidup sehat, maka akan berdampak tingginya produktifitas masyarakat, dari hal itu tentu akan memacu pertumbuhan ekonomi, serta akan mempengaruhi sektor lain, saat semua masyarakat telah semakin sehat.

Ia menegaskan, kegiatan ini sangat baik dan harus mulai di duplikasi oleh semua kecamatan di kabupaten mamuju, sehingga upaya peningkatan indeks kesehatan masyarakat akan semakin berjalan baik.

Sebelumnya, wakil koordinator Satgas pemulihan dan rehabilitasi-rekonstruksi pemerintah kabupaten mamuju Hajrul Malik menerangkan, program ASEK adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Pokja kesehatan dalam upaya transisi pemulihan pasca bencana, sementara di Pokja lain hajrul juga terus bergerak melakukan langkah kongkrit.

“Jika di pokja kesehatan ada ASEK, sebelumnya yang sudah kita launching juga ada program sekolah GenRe dari Pokja Pendidikan, lalu nanti Coming soon ada program Sapo keren, juga akan kita laksanakan,” tandas Hajrul Malik. (Diskominfosandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *