Rabu , Juli 15 2020
Home / Daerah / Tes Tertulis 638 Calon Anggota PPS Diawasi Ketat Oleh Bawaslu Dan Kepolisian

Tes Tertulis 638 Calon Anggota PPS Diawasi Ketat Oleh Bawaslu Dan Kepolisian

Mamuju, 8enam.com.-Sebanyak 638 orang calon anggota PPS mengukti tes tertulis yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju secara serentak di masing-masing kecematan yang ada di kabupaten Mamuju, Rabu (4/3/2020).

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menjelaskan, sebanyak 75 butir pertanyaan yang mesti dijawab para calon anggota PPS pada pelaksanaann tes tertulis tersebut.

“Dari pengetahuan kewilayahan, tugas dan wewenang, serta fungsi dan tahapan yang akan dijalankan saat bertugas sebagai PPS nantinya,” jelas Hamdan Dangkang yang memantau jalannya pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS di SMK Rangas Mamuju.

Komisioner KPU Mamuju, divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Ahmad Amran Nur menambahkan, segala proses pelaksanaan tes tertulis seleksi calon anggota PPS tersebut mendapat pengawalan dari Bawaslu Mamuju dan pihak kepolisian.

Mulai dari proses print ou lembar soal, hingga penggandaannya, Bawaslu dan jajaran kepolisian tetap memantau.

“Pemeriksaan hasil tes tertulis calon anggota PPS rencananya akan digelar pada tanggal 5 Maret 2020 di sekretariat KPU Mamuju. Bagi peserta, teman-teman media, LSM atau siapa saja dipersilahkan melihat langsung proses pemeriksaan hasil tes tertulis tersebut,” kata Amran.

Amran yang memantau pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS Pilkada Mamuju tahun 2020 di kecamatan Sampaga itu mengurai, sebanyak enam orang per desa atau kelurahan hasil tes tertulis tersebut selanjutnya akan mengikuti tes wawancara.

“Selanjutnya keenamnya akan mengikuti tahap wawancara untuk ditentukan tiga orang per desa atau kelurahan sebagai anggota PPS pada pelaksanaan Pilkada Mamuju tahun 2020,” pungkas Ahmad Amran Nur.

Terpisah, Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin menegaskan, tak satu pun proses seleksi calon anggota PPS Pilkada Mamuju yang luput dari pantauan Bawaslu. Tak hanya melibatkan Bawaslu kabupaten saja, pelaksanaan tes tertulis bagi calon anggota PPS itu juga dipantau oleh petugas Bawaslu di level kecamatan.

“Itu sudah kita instruksikan, semua pengawas Pemilu hingga di level kecamatan untuk tetap memantau jalannya pelaksanaan tes tertulis ini. Sebelum-sebelumnya kami juga telah mengawasi proses demi proses dari seleksi calon anggota PPS ini. Termasuk dari tahap pembuatan soal tes tertulis, penggandaan, pengepakan, sampai distribusi lembar soal itu kami tetap awasi,” tutup Rusdin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *