Senin , Oktober 19 2020
Home / Daerah / Di Terjang Gelombang Pasang, Puluhan Rumah Warga Ditanjung Harapan Terancam Ambruk

Di Terjang Gelombang Pasang, Puluhan Rumah Warga Ditanjung Harapan Terancam Ambruk

Mamuju Utara, 8enam.com.-Akibat cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir, puluhan rumah warga di Dusun tanjung Harapan Desa Bambakoro Kecamatan Lariang, Kabupaten MamujuUtara (Matra) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar)  terancam ambruk dihantam gelombang pasang air laut.

Minimnya perhatian pemerintah terhadap warga yang berada di Dusun Tanjung harapan Desa Lariang, membuat ratusan warga di daerah tersebut terancam kehilangan tempat tinggal.  pasalnya daerah yang tepat berada di muara sungai Lariang ini menjadi langganan gelombang tinggi yang terjadi hampir tiap tahun,  akibatnya abrasi pantai di daerah itu terus terjadi secara massif.

Selain abrasi pantai yang terus menerus terjadi di daerah tersebut,  banjir rob di Dusun Tanjung Harapan juga masuk kedalam perkampungan sehingga tidak sedikit rumah warga yang berada tepat tak jauh dari bibir pantai digenangi banjir rob,  bahkan beberapa rumah diantaranya nyaris rubuh karena terjangan gelombang pasang.

Kepala Desa Bambakoro Akip As’ad yang dikonfirmasi mengatakan, ini sudah berungkali kami sampaikan ke pemerintah namun sampai sekarang belum ada penganan.

“ini sudah berapa kali kami sampaikan ke pihak pemerintah namun sampai saat ini belum ada penanganan sementara warga disini ada sekira 31 kepala keluarga dan ratusan jiwa berada disni, kalau ini tidak cepat di atasi oleh pemerintah bukan tidak mungkin warga akan kehilangan tempat tinggal ketiga terkena gelombang pasang. Tegasnya

sementara warga yang rumahnya terancam ambruk memilih meninggalkan ruman dan mengevakuasi barang barang miliknya ke rumah tetangga. (joni*Ag)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *