Senin , Juni 21 2021
Home / Daerah / Sukseskan Pemilu, Panwaslu Mateng Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Sukseskan Pemilu, Panwaslu Mateng Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Mateng, 8enam.com.-Guna untuk menyukseskan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu), mulai dari Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) menggelar acara sosialisasi pengawasan Pemilu Partisifativ bagi pemilih pemula, Kamis (23/11/2017).

Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Wisma Widya Buah, Kecamatan Topoyo Kabupaten Mateng di ikuti oleh perwakilan siswa SMA, SMA, Partai Politik, Panwas Kecamatan (Panwascam) serta unsur media baik cetak maupun online dan di buka oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Mateng, Rustang.

Dalam sambutannya, Ketua Panwaslu Mateng, Rustang mengatakan, keberhasilan Pemilihan Umum secara demokratis tidak terlepas dari pengawasan yang baik dan berkualitas, sehingga melahirkan pemilu bermartabat sesuai dengan azas dan demokratis.

Ditambahkannya, tanggungjawab Pemilu bermartabat bukan hanya tanggungjawab Panwas dan KPU, tapi tanggung jawab semua masyarakat termasuk pemilih pemula.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dewasa ini lanjutnya, maka pengawasan pemilu juga dituntut selain memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) serta dukungan peralatan diharapkan keterlibatan segenap unsur masyarakat sangat diharapkan.

“Apabila dari setiap tahapan Pemilu terdapat pelanggaran yang Panwas tidak ketahui, dia berharap agar seluruh lapisan masyarakat untuk melaporkan ke Panwas, baik secara langsu dengan datang ke kantor Panwaslu, atau melaporkan secara tidak langsung denga melalui pesan singkat SMS atau telpon. Bisa datang ke kantor Panwascam yang ada di masing-masing kecamatan,” ujarnya. (Ra).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *