Jumat , November 22 2019
Home / Daerah / Sukses Meraih Sertifikat Eliminasi Malaria Dari Kemenkes RI, Pemkab Mamuju Canangkan Penanaman Bunga Lavender

Sukses Meraih Sertifikat Eliminasi Malaria Dari Kemenkes RI, Pemkab Mamuju Canangkan Penanaman Bunga Lavender

Mamuju, 8enam.com.-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju mencanangkan penanaman bunga lavender sesaat setelah pelaksanaan upacara pembukaan pekan olahraga dan seni dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tingkat Kabupaten yang berlangsung di Lapangan Bahagia Tapalang, Sabtu (9/11/2019) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan, Drg. Firmon mengatakan bahwa, pencanangan penanaman bunga lavender tersebut merupakan Implementasi dari penghargaan sertifikat eliminasi malaria dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju.

Terkait pelaksanaan HKN tingkat Kabupaten Mamuju, Firmon menyampaikan bahwa pelaksanaannya selama tiga hari, yakni dari tanggal 9 sampai dengan tanggal 12 November, dengan diikuti 22 Puskesmas se Kabupaten Mamuju, RSUD Mamuju dan Ruma Sakit Mitra Manakarra, serta dari Dinas Kesehatan Mamuju.

Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan S.P. Pababari yang juga selaku Inspektur upacara mengungkapkan, dengan dicanangkannya penanaman pohon bunga lavender, bisa menjadi salah satu langkah Pemerintah untuk semakin memantapkan Mamuju sebagai daerah eliminasi malaria dan demam berdarah.

Menurut Irwan Pababari, dengan suksesnya Mamuju mendapat sertifikat eliminasi malaria merupakan suatu prestasi yang luar biasa, terlebih Mamuju masuk dalam enam besar Kabupten se Indonesia.

“Hal ini tentu adalah prestasi yang luar biasa dari instrument kesehatan, tentu bukanlah perkara mudah melakukan eliminasi penyakit yang dulu hampir dikatakan endemik bagi daerah Kabupaten Mamuju, tetapi dengan adanya intervensi dari Pemerintah dan kesadaran semua stake holder perlahan-lahan penyakit malaria telah mampu ditekan dengan baik,” terang Wakil Bupati.

Sementara terkait pelaksanaan pekan olahraga, Wakil Bupati berpesan agar semua kontingen bertanding secara sportif sehingga pelaksanaannya dapat terlaksana dengan baik.

Pada pelaksanaan pembukaan Pekan Olahraga HKN ke-55, hadir pula Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintahan Kabupaten Mamuju. (HMS-Hasran).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *