Sabtu , Juni 19 2021
Home / Advetorial / Stunting, Kekurangan Gizi dan Penanganan Covid-19 Jadi Program Strategis Plt Kadis Kesehatan Sulbar

Stunting, Kekurangan Gizi dan Penanganan Covid-19 Jadi Program Strategis Plt Kadis Kesehatan Sulbar

Mamuju, 8enam.com.-Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulbar beberkan sejumlah program strategis yang fokus pada penanganan stanting, kekurangan gizi dan penanganan Covid-19.

“Sekarang kan masih stanting, kematian ibu anak, ibu melahirkan dan balita masi fokus di situ sebagai isu yang bersyarat,” kata drg. Asran Mahdi, Kamis (18/3/2021).

Tidak hanya stanting dan tingkat kematian ibu anak, ibu melahirkan dan balita lata drg Asran Mahdi, tetapi penanganan gizi buruk juga tak luput dari perhatian Plt Kadinkes Sulbar yang baru di lantik oleh gubernur Sulbar pada 11 februari 2021 lalu itu.

“Kemudian program kekurangan gizi masi tetap jadi isu, trus sekarang masi masa pandemi yang hingga saat ini belum berakhir, jadi memang semua masalah ini akan menjadi fokus perhatian kita,” ucap dr. Asran.

Menurutnya pertambahan kasus pandemi Covid-19 yang hingga hari ini belum mengalami penurunan merupakan musuh paling terbesar oleh semua orang, tidak hanya merenggut nyawa manusia tetapi juga berdampak pada kelumpuhan ekonomi dan pembatasan aktivitas.

“Covid-19 ini belum berakhir. dan susah di prediksi kapang ia berakhir. Covid kita sekarang ada kemudian hal-hal yang berkaitan dengan Covid misalkan yang dulu itu PTM tidak di lirik karena penyakit tidak menular, tapi sekarang Covid di tumpangi oleh penyakit tidak menular,” ujarnya.

Tidak hanya itu kata dr. Asran, penyebaran penularan kasus pandemi Covid-19 juga sangat memberi dampak buruk bagi perekonomian dan aktivitas.

“Karena ada Covid-19 aktivitas kita akhirnya terbatas, kemarin harus di siplin menjalankan 3M yaitu Memakai Masker, Menjaga jarak Mencuci tangan. Tapi sekarang tambah 2M yaitu Menghindari kerumunan dan Membatasi Mobilisasi, artinya di siplin menjalankan prokes 5M,” tutup dr. Asran. (edo)

Advetorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *