Rabu , April 24 2024
Home / Daerah / Prof Zudan Minta Pemda dan OPD Masifkan Percepatan Serapan Dekon TP-TKD

Prof Zudan Minta Pemda dan OPD Masifkan Percepatan Serapan Dekon TP-TKD

Mamuju, 8enam.com.-Didampingi Sekprov Sulbar, Muhammad Idris dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulbar, Tjahjo Purnomo, Pj Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh buka High Level Meeting Pelaksanaan Anggaran Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan, (Dekon-TP) dan Transfer ke Daerah (TKD) Tahun 2023 di Graha Sandeq Kompleks Kantor Gubernur Sulbar, Rabu (8/11/2023)

PJ Gubernur Sulbar Zudan menjelaskan, 90 persen APBD Sulbar bergantung pada dana transfer, termasuk dana Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan, dan Transfer ke Daerah.

Sebab itu ia berterima kasih dengan adanya forum HLM untuk melakukan koordinasi memaksimalkan serapan dana Dekon TP dan TKD di Sulbar.

“Koordinasi, kita kordinasi Pemkab, OPD, untuk kita menyelesaikan permasalahan. Tugas ASN memberikan pelayanan publik dan menyelesaikan permasalahan,” tegas Sestama BNPP ini.

Untuk itu Prof. Zudan berharap dalam pengelolaan Dekon TP-TKD diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan daerah, utamanya lima permasalahan Sulbar yang menjadi fokus saat ini, Stunting, Perkawinan Anak, Anak Tidak Sekolah, Kemiskinan, dan Inflasi.

“Kita ada lima permasalahan, uang seperti ini (Dekon TP-TKD) bisa berkontribusi kesana (4+1 Sulbar),” ungkapnya.

Zudan mengingatkan masih ada 52 hari kerja yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan serapan Dekon TP-TKD, sehingga diharapkan koordinasi dari Pemprov hingga ke kabupaten masif melakukan koordinasi untuk mempercepat realisasi anggaran.

“Serapan kita masih sangat jauh, dibandingkan harapan yang bisa kita dapatkan, sehingga kebijakan kita bersama lakukan serapan anggaran cepat tepat sesuai dengan peraturan perundang undangan,” ucap Zudan.

Terakhir Zudan menjelaskan ujung dari penanganan masalah 4+1 adalah peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang diukur dari ekonomi masyarakat, kesehatan dan pendidikan.

“Tiga tolak ukur, orangnya sehat, orangnya cerdas, dompetnya harus tebal. Mendesain ini sumber nya PAD, APBN dan Swasta,” ucap Zudan.

Kakanwil DJPb Sulbar, Tjahjo Purnomo menyampaikan HLM diselenggarakan dalam rangka meningkatkan sinergi melalui ruang diskusi dan dialog antara Kanwil DJPb dengan pemerintah daerah selaku pengelola dana Dekon TP dan TKD transfer ke daerah, memastikan Dekon TP dan TKD bisa berjalan secara efektif efisien dan akuntabel, dan meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran di wilayah dari masing-masing satuan kerja pengelola dana Dekon TP dan TKD bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Sulawesi Barat. Selain itu melakukan evaluasi pelaksanaan satker pengelolaan dana DekonTP-TKD

“High level meeting ini diharapkan bisa menjadikan momentum bagaimana terjalinnya sinergi dan kordinasi yang selama ini dibangun, memberikan langkah nyata dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Sulbar,” ujar Tjahjo. (Rls)

Check Also

Yuslifar Optimis Koalisi Pengusung Sutinah di Pilkada 2020 Masih Solid Memberikan Dukungan di Pilkada 2024

Mamuju, 8enam.com.-Direktur Perspektif Mamuju, Yuslifar Yunus Djafar, optimis koalisi pengusung Sutinah Suhardi di Pilkada 2020, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *