Senin , Mei 27 2019
Home / Daerah / Polisi Berhasil Ringkus Lima Orang Pelaku Pencurian Buah Kelapa Sawit

Polisi Berhasil Ringkus Lima Orang Pelaku Pencurian Buah Kelapa Sawit

Mateng, 8enam.com.-Di tengah-tengah padatnya kegiatan Pam Pemilu, Kapolsek dan unit resktim Polsek Tobadak tetap gigih untuk melakukan penegakan hukum demi terciptanya keamanan di wilayah Tobadak. Itu dibuktikan dengan meringkus Lima orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana pencurian buah kelapa sawit di Dusun Manurung, Desa Tobadak, Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng).

Penangkapan ke Lima orang tersangka tersebut berdasarkan adanya laporan Pencurian buah kelapa sawit di dusun Manurung Desa Tobadak Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah nomor LP/12/IV/2019/sek Tbdk. Tgl 20 april 2019.

Kelima orang tersangka tersebut masing-masing, Ismail Als. Mail (21) warga Desa Tobadak Kecamatan Tobadak Kabupaten Mateng. Rauldias Als Raul (26) warga Dusun Tallungallo Desa Tobadak Kecamatan Tobadak Kabupaten Mateng. Janif Badar als Janif (28) warga Dusun Manurung Desa Tobadak Kecamatan Tbadak Kabupaten Mateng. Hamdi (19) warga Dusun Tobadak Desa Tobadak Kecamatan Tobadak Kabupaten Mateng. Dan Ibrahim (20) warga Desa tobadak Kecamatan Tobadak Kabupaten Mateng.

Kronologis dari penangkapan ke Lima orang tersangaka tersebut berawal Pada hari Selasa 9 April 2019 sekitar Pukul 18.00 wita, Mail menemui dan mengajak Hamdi dan Ibrahim untuk membantunya mengambil buah kelapa sawit di kebun kelapa sawit yang tidak dketahui pemiliknya oleh tersangka.

Kemudian Mail membawa egrek (alat untuk panen kelapa sawit red) dan Hamdi bersama Ibrahim membawa Tombak untuk mengumpulkan kelapa sawit.

Saat ke tiga tersangka tiba di TKP sekitar pkl. 19.00 wita, Mail langsung mendodos kelapa sawit yang masih berada diatas pohonnya sebanyak 32 tandan buah klpa sawit yg siap panen. Kemudian Ibrahim dan Hamdi mengumpulkan buah klpa sawit yang telah di dipanen oleh IsMail.

Tidak lama kemudian, datang Raul bersama Janif menggunakan mobil untuk mengangkut buah yang telah dikumpulkan oleh Ibrahim dan Hamdi.

Sekitar pukul 01.30 wita, dalam perjalanan menuju pabrik, 5 orang tersangka yang berada diatas mobil pick up berisikan buah kelapa sawit hasil curian dicurigai oleh Kepala Dusun dan beberapa warga. Selanjutnya ke 5 orang tersangka tersebut di bawa ke rumah kepala dusun setempat untuk di amankan.

Kapolsek Tobadak, IPDA H. Mino mengatakan, tersangka melakukan pencurian buah sawit pada malam hari. Kelimanya masing-masing punya peran. Ada yang memetik, ada yang mengumpulkan dan juga yang spesial menjemput dengan menggunakan mobil pickup.

“Berdasarkan keterangan saksi, pelapor dan bukti permulaan yang cukup, maka unit reskrim Polsek Tobadak menetapkan 5 orang TSK yang di duga kuat melakukan tindak pidana pencurian yang dilakukan dua orang atau lebih secara bersama-sama sebagaiman dimaksud dalam Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHPidana,” ujar Kapolsek Tobadak, IPDA H. Mino.

Dari tangan tersangka, Polisi berhasil mengamankan Barang Bukti berupa Nota penjualan buah kelapa sawit sebesar Rp. 1.125.000,00 dan mobil pick up grand max warna hitam tanpa plat nomor kendaraan. (Rls/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *