Selasa , Desember 7 2021
Home / Daerah / Permudah Mengakses Informasi, KPU Sulbar Launching Teras PPID

Permudah Mengakses Informasi, KPU Sulbar Launching Teras PPID

Mamuju, 8enam.com.-Untuk mempermudah masyarakat mendapat informasi, KPU Provinsu Sulbar melaunching teras Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di kantor KPU Sulbar, Jum’at (1/11/2019) kemarin.

Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Sulbar Adi Arwan Alimin mengatakan, ini adalah teras kantor yang dimodiv menjadi sebuah ruang baru untuk menambah bentuk layanan KPU terhadap masyarakat.

Menurutnya PPID itu sebelumnya sudah ada, karena PPID ini lahir dari amanat undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Jadi segala sumber informasi dan dokumentasi yang dibutuhkan publik itu, siapapun baik dari parpol atau masyarakat umum atau instansi yang membutuhkan informasi mengenai kebutuhan itu, bisa menghubungi PPID yang ada di kantor KPU Sulbar,” ujar Adi Arwan Alimin

PPID ini sesungguhnya kata Adi Arwan, kepanjangan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, yang fungsinya mengelolah dan menyampaikan ke publik mengenai informasi yang KPU miliki. Meski tidak seluruh informasi itu dapat diberikan. Karena ada istilah informasi yang dikecualikan.

“Tetapi kita berharap dan kami menjamin bahwa sejauh ini, KPU Prov Sulbar sudah sangat terbuka pada setiap permintaan data dari siapapun itu kita layani. Dan teras PPID ini adalah bagian dari komitmen kita, untuk sekali lagi siapapun yang datang ke kantor ini, Insya Allah bisa kita layani mulai dari tempat ini,” ungkapnya.

“Setiap hari teman-teman media dan teman-teman parpol saya menyampaikan bahwa teras ini Insaya Allah kita akan hidupkan setiap hari. Jadi teman-teman mau mapir tidak sekedar mau datang minta informasi dan lain sebagainya,” sambungnya.

Lanjutnya, singgah ngopi siang-siang boleh, disini ada Wifi gratis, adek-adek pelajar yang mau mampir ada tugasnya, mampir disini karena gedung ini juga bagian dari rumah pintar pemilu.

“Nah kita berharap dengan keberadaan yang seperti ini bisa kita optimalkan sama-sama. Insya Allah akan ada staf yang selalu standby di kantor kita karena memang ada staf dibagian PPID. Mudah-mudahan saja ini bisa menjadi ruang baru lagi bagi kita, bagi KPU Provinsi dan untuk masyarakat Sulbar yang membutuhkan informasi, keperluan dan demokrasi,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan itu ketua KPU Sulbar, perwakilan KPID Sulbar para pelajar, mahasiswa Parpol perwakilan Bawaslu baik kabupaten maupun provinsi, Ombudsman serta sejumlah Awak media. (edo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *