Selasa , Juli 23 2024
Home / Daerah / Perkuat Pemberitaan Pengawasan Tahapan Pilkada Serentak, Bawaslu Sulbar Gelar Konsolidasi Media

Perkuat Pemberitaan Pengawasan Tahapan Pilkada Serentak, Bawaslu Sulbar Gelar Konsolidasi Media

Mamuju, 8enam.com.-Dalam rangka penguatan pemberitaan pada pengawasan tahapan pemilihan serentak tahun 2024, Bawaslu Prov Sulbar menggelar konsolidasi Media, yang berlangsung di DAP Cafe & Resto Mamuju, Sabtu (15/6/2024).

Ketua Bawaslu Sulbar, Nasrul Muhayyang, dalam sambutannya menegaskan, media memegang peranan sangat penting dalam proses pemilihan. Media tidak hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai pengawas independen dan kontrol sosial dalam setiap tahapan pemilihan.

Pemberitaan yang objektif sangat dibutuhkan untuk mengedukasi masyarakat dan mengawal jalannya demokrasi. Pemilu serentak 2024 adalah momen penting bagi bangsa kita, dan sinergi antara Bawaslu dan media menjadi kunci utama untuk memastikan setiap tahapan pemilu berjalan dengan baik, transparan, dan sesuai aturan,” kata Nasrul.

Nasrul berharap konsolidasi media ini dapat memperkuat koordinasi dan kerjasama antara Bawaslu dan media, serta meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya pemberitaan yang akurat dan efektif. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi dan mencegah disinformasi serta hoaks yang dapat merusak proses pemilihan.

“Bawaslu sangat terbuka terhadap masukan dan saran dari rekan-rekan media. Kami percaya bahwa kolaborasi yang baik antara Bawaslu dan media akan membawa dampak positif dalam mengawal proses pemilihan yang demokratis dan berkualitas,” pungkas Nasrul Muhayyang.

Konsolidasi media yang digelar Bawaslu Sulbar ini diharapkan menjadi langkah strategis dalam memperkuat pengawasan dan pemberitaan pemilu 2024. Dengan koordinasi yang lebih baik antara Bawaslu dan media, diharapkan proses pemilihan dapat berjalan dengan transparan, akurat, dan bebas dari disinformasi.

Kegiatan konsolidasi kali ini menghadirkan dua narasumber, yakni Negus Gibran Mayardhi, Jurnalis dari caritau.com dan anggota Komunitas Pewarta Pemilu & Demokrasi (KPPD), serta Sulaeman Rahman, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Barat. Acara dipandu oleh Anhar, jurnalis dari Katinting.com.

Hamrana Hakim, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Sulbar, menyampaikan rasa terima kasih kepada Bawaslu RI yang telah menunjuk Sulbar sebagai tuan rumah konsolidasi media ini. Katanya, ini merupakan gelombang keenam dari kegiatan serupa yang diadakan oleh Bawaslu RI.

“Terima kasih banyak atas kepercayaan Bawaslu RI. Kami sangat bangga menjadi tuan rumah dalam konsolidasi media ini,” ujar Hamrana Hakim. (Zul/red)

Check Also

Polres Mateng Amankan 35 Unit Kendaraan Roda Dua

Mateng, 8enam.com.-Sat Lantas Polres Mamuju Tengah berhasil mengamankan 35 unit kendaraan roda dua dalam Operasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *