Minggu , Desember 5 2021
Home / Advetorial / Percepat Kepemilikan Dokumen Adminduk, Dukcapil Lakukan Gerakan Jemput Bola

Percepat Kepemilikan Dokumen Adminduk, Dukcapil Lakukan Gerakan Jemput Bola

Mamuju, 8enam.com.-Percepat kepemilikan dokumen Adminduk, Dinas Kependudukan dan Pencacatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mamuju lakukan gerakan jemput bola.

Kegiatan tersebut mengankat tema “INGKITA KULALLE” MAMUJU KEREN, “GOLLA KAMBU” Gerakan Jemput Bola yang di laksanakan di Kantor Desa Salletto Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju, Rabu (1/9/2021) kemarin.

Bidang pendaftaran penduduk Dukcapil mamuju H. Azis kepada media ini mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan gerakan jemput bola.

“Sekarang kita lakukan pelayanan jemput bola di Desa Salletto. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, termasuk perekaman KTP-el, KK, Akte Kelahiran, Akte kematian dan kartu identitas anak (KIA),” kata H. Azis.

Dia mengatakan kegiatan perekaman Ktp-el yang di lakukan bisa di laksanakan walaupun percetakannya harus di lakukan di kantor dukcapil Mamuju karena faktor jaringan yang sedang offline atau gangguan lain.

“Insya Allah hari ini kita sudah bisa melakukan perekaman walaupun percetakannya nanti kita lakukan di kantor dukcapil kabupaten Mamuju karena faktor jaringan tidak mendukung untuk di lakukan percetakan,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa kegiatan pelayanan jemput bola yang di laksanakannya merupakan kegiatan rutinitas Dukcapil mamuju dari tahun ke tahun untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Mamuju.

“Jadi ini kegiatan sudah rutinitas kita laksanakan dari tahun ke tahun, hanya ada penambahan termasuk pelayanan KIA dan juga ada kegiatan yaitu melakukan pendataan rentang penduduk.

“Jadi itu rentang penduduk kita lakukan pendataan untuk masyarakat yang belum samasekali mendapatkan dokumen kependudukan, yang kedua mengenai pelaksanaan pendataan non permanen. Jadi itu kegiatan non permanen ceritanya di sini bahwa orang yang pindah domisili dari kabupaten lain ke kabupaten Mamuju,” katanya.

Selain itu H. Azis juga mengatakan kartu identitas anak (KIA) sangat di butuhkan oleh anak itu sendiri untuk di gunakan sebagai kartu identitas.

“Jadi manfaat anak mengurus KIA yaitu pertama ia bisa gunakan sebagai Ktp-el yang kedua mendaftar sekolah, BPJS Kesehatan, buka rekening dan keterangan-keterangan lainnya karena memang anak-anak sekarang di haruskan memiliki KIA,” uajarnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *