Senin , November 29 2021
Home / Advetorial / Menuju Pilkades Serentak, 167 Bacakades Mengikuti Tes Tertulis

Menuju Pilkades Serentak, 167 Bacakades Mengikuti Tes Tertulis

Mateng, 8enam.com.-Sebanyak 167 Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) dari 40 desa di Kabupaten Mamuju Tengah yang akan menggelar Pilkades mengikuti ujian tes tertulis, Selasa (5/10/2021).

Pelaksanaan ujian tes tertulis Cakades dilaksanakan di dua tempat yakni di SMP Negeri 5 Tobadak (Kawasan KTM Tobadak, Benteng) dan SMP Negeri 6 Topoyo (Bayor).

Kadis PMD Mateng, Dzulkifli mengatakan, pelaksanaan seleksi tersebut terdiri dari ujian tertulis yang dilaksanakan pada hari ini, sementara untuk tes wawancara dilaksanakan selama 3 hari, dimulai dari 6 sampai 8 Oktober 2021.

Sesuai aturan kata Dzulkifli, calon Kades yang akan mengikuti Pilkades nanti, maksimal 5 calon dan minimal 2 calon. Untuk Desa yang yang memiliki lebih dari 5 calon, harus ada yang gugur.

“Untuk itu, cara memilih Balon terbaik yaa diujian ini, karena diujian inilah penentunya, maka nantinya akan ada Balon yang gugur,” kata Dzulkifli.

Sementara Bupati Mamuju Tengah, H. Aras Tammauni didampingi oleh Wakil Bupati Mamuju Tengah, H. Muh Amin Jasa, menyampaikan, dengan tahapan ujian tes bagi para Bacakades ini, menjadi sarana melahirkan Cakades yang akan dipilih oleh pemilih di Pilkades nanti.

Karenanya, Ia berharap dari seleksi ini, lahir Cakades yang berkualitas, dan mempuni, akan dipilih oleh pemilih di Pilkades, dalam rangka melahirkan satu orang pemimpin di tingkat desa, yang menjadi pemimpin desa kedepan.

“Tentu ini upaya panitia, mendorong lahirnya calon pemimpin di tingkat desa yang berkualitas, mempuni, dan mampu membangun desanya kedepan,” ungkap Aras.

Untuk itu, Ia berpesan kepada para Bacakades dari 40 desa yang akan Pilkades, agar mengikuti semua tahapan dari awal hingga ujian tes ini, secara jujur dan sungguh sungguh.

“Agar saat dinyatakan sebagai Cakades, memang adalah memiliki kualitas yang baik dan mendapatkan simpati juga kepercayaan yang besar dari calon pemilih di tingkat desa, serta satu lagi, saya berharap semua Bacakades dapat menjaga ritme pelaksanaan Pilkades aman dan tertib,” pungkas Aras. (A-51)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *