Selasa , Februari 25 2020
Home / Daerah / Masuk Tahun Ke 5 DD, Belum Ada BUMDes Di Kabupaten Mamuju Berfungsi Dengan Baik

Masuk Tahun Ke 5 DD, Belum Ada BUMDes Di Kabupaten Mamuju Berfungsi Dengan Baik

Mamuju, 8enam.com.-Memasuki tahun ke 5 Dana Desa (DD), belum ada desa di Kabupaten Mamuju Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)nya berfungsi dengan baik.

Hal itu disampaikan Kabid bina keuangan desa DPMD Kabupaten Mamuju, Yahyadin dalam sosialisasi peraturan perundang-undangan dan rapat koordinasi tentang realisasi dana desa dan alokasi dana desa tahun anggaran 2019 yang berlangsung di aula kantor dinas PMD Jalan Kurungan Bassi Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju Sulbar, Kamis (2/5/2019).

Yahyadin mengatakan, kalau Bumdes bisa dikelolah baik, akan bisa menjadi pendapatan asli desa dan akan bisa menambah penghasilan pemerintah desa kalau itu dikelolah dengan baik.

“tidak bisa kita pungkiri bahwa desa sudah menganggarkan Bumdes, kalau itu dikelolah baik mungkin ada pendapatan-pendapatan untuk desa. Tapi sampai hari ini memasuki tahun ke 5 dana desa belum ada desa yang Bumdesnya berfungsi dengan baik.

Tiga prinsip dana desa yakni, Penyaluran, pencairan, pelaksanaan kegiatan, dan pertanggung jawaban. 3 ini tidak ada yang terkelola dengan baik mulai dari penyusunan APBDesnya.

“Kenapa APBDesnya selalu terlambat, karena memang perencanaan dari awal tidak mantap.

Selain itu Yahyadin juga mengimbau berdasarkan regulasi dan Permendagri bahwa pengelolaan dana desa tidak lagi desa, kepala desa melakukan kegiatan sendiri karena pasti jadi temuan. Makanya itu di manfaatkan semua aparat yang ada sesuai tufoksi atau kegiatan yang ada di desa itu.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut sekretaris DPMD Kabupaten Mamuju Rusdianto, asisten II bidang pembangunan Pemkab Mamuju Syamsul Suddin, para kepala desa, sekertaris desa dan kaur keuangan desa se- Kabupaten Mamuju. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *