Kamis , Juli 16 2020
Home / Daerah / Lahirkan SDM Yang Unggul Dan Berkompetensi Global, Dibutuhkan Guru Yang Profesional

Lahirkan SDM Yang Unggul Dan Berkompetensi Global, Dibutuhkan Guru Yang Profesional

Mateng, 8enam.com.-Dalam rangka melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkompetensi global, dibutuhkan guru yang profesional Guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat.

Hal itu disampaikan oleh Wakik Bupati Mamuju Tengah (Mateng) saat upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018 tingkat Kabupaten Mateng, dengan Tema Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21, di halaman Kantor Bupati Mateng, (26/11/2018).

Wabup sampaikan, di tengah-tengah perayaan hari Guru Nasional ini Bangsa Indonesia sedang menghadapi keprihatinan atas beberapa bencana yang terbesar yang terjadi di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah.

Karena kejadian itu kata Wabup, tidak kurang dari 22 Ribu orang guru dan tenaga kependidikan serta peserta didik telah menjadi korban, baik yang meninggal dunia, luka berat, kehilangan sanak keluarga, maupun yang kehilangan tempat tinggal.

“Do’a terbaik dari kita semua untuk para guru dan tenaga kependidikan yang terdampak bencana tersebut semoga Allah AWT senantiasa membeeikan ketabahan dan kekuatan kepada para Guru dan Keluarga,” ujar Wabup.

Wabup juga sampaikan, Revolusi industri keempat yang sudah merambah kesemua sektor harus disikapi dengan arif, kerena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. Untuk itu diperlukan guru yang proforsinal, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat tersebut untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersatukan SDM yang unggul dengan kompetensi Global.

“Tugas utama seorang Guru adalah Mendidik, Mengajar, Membimbing, Mengarahkan, Melatih, Menilai dan Mengevaluasi setiap peserta didik. Oleh sebab itu, profesi Guru sangat lekat dengan Integritas dan Kepribadian, Guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya, tugas Guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kepribadiannya, termasuk dalam memanfaatkan kemajuan tehnologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya,” jelasnya.

“Untuk memelihara, mengembangkan jati diri dan membentuk karakter generasi penerus bangsa agar bangsa ini menjadi menjadi bangsa yang tangguh, bangsa yang mandiri, berdaya saing dan penuh toleransi, sungguhlah tugas yang amat berat bila dipikul seorang diri, maka dari itu, marilah kita bergandeng tangang menunaikan tugas yang mulia ini, Dipundak Guru kami gantungkan masa depan Bangsa ini,” tambahnya. (Ysn Hms/one)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *