Selasa , Juli 23 2024
Home / Daerah / Kunker di Mamasa, SDK : Jika Kita Ingin Masyarakat Kita Maju, Maka Majukan lah Sektor Pertanian

Kunker di Mamasa, SDK : Jika Kita Ingin Masyarakat Kita Maju, Maka Majukan lah Sektor Pertanian

Mamasa, 8enam.com.-Anggota Komisi IV DPR RI, DR. H. Suhardi Duka (SDK) melakukan Kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (9/8/2023).

Dalam rangkaian kunker tersebut, Anggota komisi IV DPR RI bersama Ditjen PSP Kementerian Pertanian menggelar kegiatan bimtek manfaat alsintan dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani yang berlangsung di Kecamatan Tandukalua, Kabupaten Mamasa.

Camat Tandukalua Jeim Resvin B. Killa menyambut baik kedatangan Anggota Komisi IV DPR RI, DR. H. Suhardi Duka. Ia melaporkan wilayah kecamatan Tandukalua terdiri dari 11 desa dan 1 kelurahan mayoritas petani yang masih kesulitan mengolah lahan pertanian.

“Alat dan mesin pertanian (alsintan) bagi kami adalah hal yang sangat langkah. Ini juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi produktifitas petani kami sangat terbatas,” kata Jeim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mamasa yang diwakili Y. Tammausa juga menyampaikan hal yang sama.

“Disini sangat minim alsintan, petani kami masih banyak yang mengolah lahan dengan otot. Kami masih sangat kekurangan sarana pertanian baik pra maupun pasca panen,” ucap Tammausa.

Merespon itu, Ditjen PSP Kementrian Pertanian, Karmawani Siburian menyampaikan disinilah peran penting Komisi IV DPR RI khususnya Suhardi Duka. Sebab salah satu cara cepat untuk mendapatkan bantuan pemerintah adalah melalui komisi IV.

“Saya paham betul peran pak SDK di DPR RI, beliau sangat konsisten memperjuangkan nasib petani. Saya juga tidak akan sampai ke Mamasa ini jika bukan karena pak SDK,” katanya.

Meski demikian, ia mengaku saat ini anggaran di Kementrian Pertanian semakin berkurang setiap tahunnya. Tapi untuk alsintan ini, pak SDK tidak mau jika jatahnya dikurangi.

Bimtek manfaat alsintan dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani yang berlangsung di Kecamatan Tandukalua, Kabupaten Mamasa.

Ditempat yang sama, Anggota Komisi IV DPR RI, DR. H. Suhardi Duka menyampaikan, untuk memajukan daerah, maka sektor pertanian harus dibangun, khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

“Masyarakat kita di Sulbar ini diatas 50 persen berprofesi sebagai petani, jika kita ingin masyarakat kita maju, maka majukan lah sektor pertanian,” ucap SDK.

Untuk itu, ia berjanji akan membantu masyarakat Mamasa, khususnya di bidang pertanian.

“Selain di Komisi IV, saya juga di badan anggaran, Mamasa ini saya sudah minta untuk anggarannya dibuka khusus di sektor Pertanian dan Perikanan air tawar,” lanjut SDK.

Ia juga menyampaikan akan menurunkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) di Kabupaten Mamasa.

“Tahun depan juga saya akan bantu alsintan, silahkan ajukan permohonannya melalui kelompok tani, yang penting direkomendasi oleh dinas pertanian setempat, maka saya akan berikan,” tegas SDK.

Tak hanya itu, ia juga sudah menyiapkan bantuan bibit untuk 3.000 hektar lahan dan bantuan pupuk sebanyak 5.000 hektar lahan di Mamasa. (Ra/red)

Check Also

Polres Mateng Amankan 35 Unit Kendaraan Roda Dua

Mateng, 8enam.com.-Sat Lantas Polres Mamuju Tengah berhasil mengamankan 35 unit kendaraan roda dua dalam Operasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *