Senin , November 29 2021
Home / Daerah / Kembangkan IKM Dan UKM, Disperindag Mateng Gelar Pelatihan Dan Pembinaan Ketataniagaan Kelompok Pedagang

Kembangkan IKM Dan UKM, Disperindag Mateng Gelar Pelatihan Dan Pembinaan Ketataniagaan Kelompok Pedagang

Mateng, 8enam.com.-Kembamgkan IKM maupun UKM, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diperindag) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) gelar pelatihan dan pembinaan ketataniagaan kelompok pedagang/Usaha Informal di wisma Fadillah Topoyo, Selasa (29/10/2019).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Colleng Sulaiman menyampaikan, pembangunan suatu negara hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi, agar stabil dan terus meningkat.

Oleh karena itu kata Colleng Sulaiman, target utama yang menjadi landasan munculnya program-program nasional adalah pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran.

“Kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidak mampuan atau sebagai kekurangan kemampuan (Lack of Competency) dan keterampilan (Skills) untuk bekerja dan mencari nafkah menopang kehidupannya, program pendidikan kecakapan hidup (life skills education), terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sejaligus mengatasi terus bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran,” kata Colleng.

Kata Colleng Sulaiman, pendidikan kecakapan hidup untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan dapat dimaknai, sebagai upaya pemberian kemampuan kepada warga masyarakat yang membutuhkan berbagai keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.

“Salah satu upaya yang akan kita lakukan dalam mengurangi pengangguran yakni melalui pelatihan kewirausahaan. Karena itulah saya sangat mengapresiasi kegiatan yang yang dilaksanakan ini, dalam rangka untuk lebih memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan masyarakat di daerah kita ini,” ujarnya.

“Kami dari Dinas Perindag dan OPD terkait tak henti-hentinya melakukan berbagai macam upaya untuk memajukan dan mengembangkan IKM maupun UKM sektor formal dan informal yang ada guna meningkatkan tarap hidup dan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Upaya-upaya meningkat keterampilan para pelaku usaha atau wirausahawan lanjutnya, akan terus dilakukan secara berkesinambungan, baik melalui peningkatan keterampilan dalam mengelola produk atau jasa dengan bekerjasama dengan lembaga atau Balai Diklat. Tentunya keterampilan dalam mengelola keuangan (Manajemen) usaha yang dimulai dari penyusunan laporan neraca sekecil apapun usahanya seperti pelatihan.

Sementara itu, Kabid Perdagangan, Harnawi Saleh sampaikan tujuan kegitan ini yakni meningkatkan kemampuan kelompok pedagang atau usahawan dalam rangka untuk mengelolah dan mengembangkan usahanya.

“Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang para pelaku usaha UKM dan IKM yang berdomisili di lima kecamatan se Kabupaten Mamuju Tengah,” terangnya. (Ach/wan)

Rubrik Ini Dipersembahkan Oleh Kominfo Kabupaten Mamuju Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *