Selasa , Februari 25 2020
Home / Daerah / Ishaq Yunus : Sukses Pembangunan Dimulai Dari Perencanaan, Salah Merencanakan Maka Sama Dengan Merencanakan Kegagalan

Ishaq Yunus : Sukses Pembangunan Dimulai Dari Perencanaan, Salah Merencanakan Maka Sama Dengan Merencanakan Kegagalan

Mateng, 8enam.com.-Tujuan dari pembangunan adalah mensejahterakan rakyat, oleh karna itu sukses pembangunan maka dimulai dari perencanaan, kesalahan dari merencanakan maka sama dengan merencanakan kegagalan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BAPPEDA Mamuju Tengah, Ishaq Yunus dalam acara forum konsultasi publik dalam rangka rancangan awal penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Mamuju Tengah tahun 2021 yang berlangsung di ruang pola kantor Bupati Mateng, Rabu (12/2/2020).

“Olehnya itu, pertemuan kita hari ini dalam rangka untuk meminta masukan dari para pemangku kepentingan, para kepala OPD terkait penyusunan rencana awal RKPD tahun 2021,” ujar Ishaq Yunus.

Perencanaan pembangunan itu kata Ishaq Yunus, memiliki siklus perencanaan. Nah siklus perencanaan yang pertama adalah pelaksanaan forum perangkat daerah, tentu melalui kegiatan ini diharapkan tahap berikutnya adalah setelah mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan, para perangkat kepala daerah maka tahapan berikutnya adalah penyampaian rancangan RKPD kepada Bupati melalui Sekertaris Daerah.

“Selanjutnya akan dilanjutkan penyampaian surat edaran kepada seluruh kepala perangkat daerah, untuk menyusun rancangan awal rencana kerja OPD,” kata Ishaq Yunus.

Nah berkenaan dengan itu lanjut Ishaq, maka seluruh OPD harus melaksanakan apa yang namanya Forum Perangkat Daerah, selanjutnya dari pelaksanaan itu akan melaksanakan Musrembang tingkat kecamatan dan pada tingkat kabupaten. dan selanjutnya akan menyusun rencana akhir RKPD sebagai pedoman dan penyusunan kebijakan umum anggaran dan prioritas plapon anggaran tahun 2021.

“Tujuannya adalah, kita ingin menyampaikan arah pembangunan dan program prioritas yang akan kita laksanakan di tahun 2021, disamping itu bahwa kita juga akan menyampaikan issu-issu strategis terkait permasalahan pembangunan yang harus kita tuntaskan atau yang harus kita atasi di tahun 2021,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Mateng, Yulius Sanusi menuturkan, program kerja kedepan merupakan kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat dan tetap sejalan dengan arah kebijakan.

Dia berharap, kegiatan Forum Konsultasi Publik menjadi sebuah wadah yang memberikan masukan kepada pemerintah daerah untuk membentuk, mematangkan perencanaan dan arah kebijakan yang akan dilaksanakan kedepannya sebelum berangkat ke tahapan selanjutnya. (ysn/wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *