Minggu , Desember 15 2019
Home / Daerah / Idris : UPT Saluandeang Adalah Rumah Masa Depan Bagi Warga Transmigran

Idris : UPT Saluandeang Adalah Rumah Masa Depan Bagi Warga Transmigran

Mateng, 8enam.com.-Memiliki tanah yang subur, Sekprov Sulbar, Muhammad Idris memyebut bahwa UPT Saluandeang adalah rumah masa depan bagi warga trnasmigrasi.

“In Sha Allah, tempat ini menjadi tempat yang makmur, ini adalah rumah masa depan bagi warga transmigrasi,” kata Idris saat penerimaan warga transmigran di Lapangan Sepak Bola UPT Saluandeang, Selasa (3/12/2019).

Dalam kesepatan itu, Idris mengatakan, enempatan transmigrasi di UPT Salundeang ini sebanyak 115 KK, sementara yang sebelumnya sebanyak 40 KK. Olehnya itu dia berharap ini jadi Transmigrasi Penduduk Setempat (TPS) yang menjadi model percontohan.

“Karena alamnya mendukung, tapi bukan hanya alam tetapi yang terpenting adalah mainset para transmigran, itu yang kita ingin bangun,” ujar Idris.

Selain itu kata Idtis, pihaknya juga akan turunkan teman dari Kanwil Agama untuk memberikan pendampingan, membangun mental kepada warga transmigrasi yang baru datang sehingga tidak lagi menjadi terasing untuk daerah ini bagi dirinya.

“Kita harus bisa lebih cepat berintegrasi dengan alamnya, dengan tempat ini dan warga yang ada di UPT Salundeang ini, itu pekerjaan yang menurut saya tidak hanya hari ini, tapi bagaimana warga yang datang dari NTT itu menganggap rumahnya sendiri tidak berbeda dengan fisikal yang mereka tinggalkan disana,” ungkapnya.

Idris juga berharap, kedepan itu transmigran yang produktif tidak hanya memindahkan orang dari suatu tempat ke tempat baru, tetapi bisa menjamin ada produktifitas yang baru muncul.

Untuk mempercepat pertumbuhan petekonomian lanjutnya, infrastruktur jalan, listrik akan dipercepat, bahkan telekomunikasi juga percepat untuk masuk sehingga warga transmigrasi tidak terasing lagi dari hiruk pikuk kota yang mereka tinggalkan.

“In Sha Allah, ibu kota negara kita akan pindah, ini menjadi peluang yang luar biasa karena ibu negara berada didepan Kabupaten Mamuju Tengah. Daerah Kaltim itu bukan daerah sayur-sayuran, untuk itu marilah kita memanfaatkan peluang itu untuk kita kirim kesana, marilah kita menanam buah-buahan dan yang lainnya marilah kita bertani yang baik,” ungkapnya. (Ysn Hms/wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *