Rabu , April 24 2024
Home / Daerah / Enam TPS lakukan PSU, Sutinah  Sampaikan Harapan Ini

Enam TPS lakukan PSU, Sutinah  Sampaikan Harapan Ini

Mamuju, 8enam.com.-Enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kabupaten Mamuju melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (24/2/2024).

TPS yang bermasalah dalam pelaksanaan pemilihan serentak tersebut tersebar di Kecamatan Simboro, Kalukku, Tommo dan Kecamatan Sampaga.

Komisioner KPU Mamuju, Sudirman Samual, mengatakan salah satu permasalahan TPS yang melakukan PSU adalah adanya pemilih yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTB), namun tetap memaksakan untuk memilih di TPS tersebut.

Dari pantauan yang dilakukan, PSU yang telah dilaksanakan cukup berjalan dengan baik dan diharapkan dapat lancar sebagaimana yang diharapkan.

Terpisah, Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi, yang melakukan pemantauan jalannya PSU di Kecamatan Simboro, menyampaikan harapan agar persoalan yang menyebabkan terjadinya PSU di sejumlah TPS hendaknya dapat menjadi catatan penyelenggara, sehingga ke depan kondisi serupa tidak terulang lagi, terlebih akhir tahun ini akan dilangsungkan kembali pesta demokrasi pemilihan kepala daerah.

“Kita berharap semua dapat berjalan lancar, dan ini menjadi catatan bagi penyelenggara agar ke depan tidak terulang lagi. Apalagi beberapa bulan ke depan kita akan melaksanakan pilkada, kesiapan penyelenggara harus dapat lebih siap lagi, sehingga semua dapat berjalan lancar.” ungkap Sutinah saat dikonfirmasi awak media dalam kegiatan pemantauan pelaksanaan PSU di TPS 8 dan 19 Kecamatan Simboro.

Berdasarkan informasi dari KPU Mamuju, TPS yang melakukan PSU di antaranya ada yang melakukan pencoblosan empat jenis surat suara dan ada pula yang mencoblos lima jenis surat suara.

Sesuai rekomendasi Bawaslu Mamuju, di TPS 8 Simboro akan dilakukan PSU pada lima jenis surat suara, yakni Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.
Kemudian TPS 4 Tommo dan TPS 2 Sinyonyoi Selatan, akan dilakukan PSU untuk tiga jenis surat suara yakni, Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, dan DPD. (Diskominfosandi)

Check Also

Yuslifar Optimis Koalisi Pengusung Sutinah di Pilkada 2020 Masih Solid Memberikan Dukungan di Pilkada 2024

Mamuju, 8enam.com.-Direktur Perspektif Mamuju, Yuslifar Yunus Djafar, optimis koalisi pengusung Sutinah Suhardi di Pilkada 2020, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *